GooOS atau Chrome OS menjadi RIVAL terberat Windows di Tahun 2022

Apakah asing terdengar di telinga kita tentang GooOS, jika terdengar asing maka dipastikan kamu belum benar benar berselancar di google dengan baik, Mari kita membahas apa itu GooOS dan peranan google dalam artikel kita ini.

Banyak yang telah ditulis tentang google yang mencoba mengembangkan sistem operasi baru (dikenal sebagai GooOS), yang akan di-host oleh komputer super di mana siapa pun dapat memiliki akun, mengaksesnya melalui Internet, dan melakukan segala macam tugas harian.

Apakah ini akhir dari perkebangan sistem operasi masa depan daripada yang saat ini kita kenal dan gunakan? Apakah ini berarti kita tidak perlu lagi pergi ke toko untuk membeli MS Windows versi baru atau hardware tambahan?

Selama beberapa tahun terakhir, Google telah memfokuskan upayanya pada pengembangan platform distribusi perangkat lunak atau software yang benar-benar inovatif dan membuat kita kagum dengan trobosan-trobosan yangtelah google capai selama ini.

Google saat Ini telah berupaya untuk menawarkan kepada dunia dan seluruh pengguna internet dan layanan mereka tentang semua paket utilitas yang diperlukan secara gratis. Semuanya dimulai dengan Gmail, salah satu host email pertama yang menawarkan kapasitas penyimpanan lebih dari 1GB. Ketika kapasitas penyimpanan email kamu mulai meningkat, kamu berhenti mengkhawatirkan apakah ingin menambah kapasitas penyimpanannya atau berhenti hanya sebatas itu.

Tidak senang dengan pencapain semua itu, Google sekarang menawarkan kepada kita lebih banyak lagi: Google Desktop adalah alat yang ampuh untuk mengindeks isi hard drive kita (ya, ini bekerja jauh lebih baik daripada software lain yang berpenampilan lucu yang menghosting pencarian file di Windows kamu).

Layanan google yang lain adalah Google Maps yang memungkinkan kita untuk bepergian dan mencari hampir semua lokasi di seluruh Dunia dan jika kita ingin melangkah lebih jauh, kita bisa mengedit dan membangun sesuatu di dunia maya ini dengan Google SketchUp.

BACA JUGA :  3 Cara Menarik Mengedit Video Dengan Avidemux

Mari kita lanjutkan dengan daftar aplikasi kita yaitu Google Kalender adalah aplikasi yang dirancang untuk menyimpan catatan online lengkap tentang kehidupan seseorang tanpa takut jadwal yang padat tidak akan terpenuhi semuanya. Meskipun masih dalam versi Beta pada saat tahun 2018 lalu, ia menawarkan sebuah fungsi pengingat dengan gambar, penjadwalan acara, dan bahkan memungkinkan Anda mengirim pengingat otomatis melalui SMS, canggih bukan.

Daftar berikutnya adalah pesan instan dengan nama Google Talk, Goole Talk memungkinkan untuk membuat situs web dengan Pages Creator atau saat ini di tahun 2022 dikenal sebagai page builder atau UI/UX designer dan daftarnya templatenya terus bertambah hingga saat ini
Google tidak puas sampai disitu saja ia baru saja membeli Writely (dibeli oleh Google seharga beberapa dolar), Aplikasi atau web ini befungsi sama seperti Monday.com pada saat ini yaitu rangkaian program kantor online pertama yang membuat kita tidak menghabiskan ruang pada hard drive dan bahkan memungkinkan Anda untuk menyimpan pekerjaan Anda sebagai file pdf dan membagikannya sehingga dapat dilengkapi oleh siapa saja dan dimana saja.

Jika ini tidak cukup, sekarang Anda bahkan dapat membeli secara online melalui Google Checkout atau saat ini ditahun 2022 berganti nama menjadi GooglePay sebagai alternatif bahkan saingan besar dari perusahaan PayPal.

Google pada dasarnya tumbuh bersama dengan Internet dan pengguna yang setia yang selalu menanti trobosan apalagi yang akan di buat oleh google dan secara praktis pada titik mampu menawarkan kepada pengguna semua aplikasi yang mungkin mereka butuhkan di komputer mereka secara gratis.

Bagian yang hilang dalam teka-teki ini trobosan google ini adalah secara tidak langsung melupakan Microsoft adalah sebuah platform operasi. Alat yang dapat digunakan untuk tujuan ini adalah Perangkat lunak atau software Desktop Global Aman dari Sun(baca lebih lanjut), yang memungkinkan pengguna membuat desktop jarak jauh melalui internet dan menjalankan aplikasi “cross platform”.

BACA JUGA :  Download Aplikasi Nonton Video Anime Untuk Android

Semua ini dengan biaya perangkat keras yang sangat rendah, sesuatu yang sejalan dengan kebijakan perangkat keras Google yang mengutamakan biaya yang lebih rendah per siklus CPU daripada perangkat keras yang lebih khusus yang karenanya, lebih mahal.

Jadi apa yang Google dapatkan dari semua penawaran gratis yang ia berikan kepenggunanya? Pertama yang tidak boleh kita lupakan karena biaya terkait pembuatan yang lebih rendah, ini mendorong pengguna dari Microsoft ke sistem barunya, dan kemudian ada pendapatan iklan yang dihasilkan dari iklan “disesuaikan” dan tentu saja biaya yang dikenakan untuk Produk “Premium”.

Begitulah cara berbisnis ala Google silahkan dicoba jika anda seorang developer aplikasi buatlah sebuah aplikasi gratis tanpa pungutan biaya yang di bebankan untuk pengguna aplikasi anda lalu buatlah aplikasi pembanding yang jauh lebih baik dari aplikasi gratis yang telah anda luncurkan sebelumnya.

Kita pasti telah menghadapi skenario yang sangat kompleks. Selama Microsoft terus menunda peluncuran Windows Vista disaat itu, kita akan terus melihat Google menghadirkan produk dan layanan barunya sebagai pembanding atau pemecah pikiran pelanggan.

Kelemahan google hanya satu disaat itu yaitu Google hanya sebuah software dan buka sistem operasi, untuk menyediakan paket lengkap kepada kita sebagai para pengguna layanan google dan dengan demikian, menempatkan dirinya (google) dalam posisi istimewa dalam pelarian untuk menguasai pasar komputer pribadi.

Akhirnya, apa yang bisa kita harapkan dari semua ini? Tentu saja, hasil dari pertempuran Google dan Microsoft ini masih mungkin masih beberapa tahun ke depan Windows 13 adalah yang terakhir dari sistem operasi Microsof atau mungkin tidak ? yang benar-benar penting adalah bahwa untuk saat ini, seiring berjalannya waktu, alternatif baru meningkat dan penting untuk dikonsolidasikan agar menjadi kontribusi nyata bagi teknologi.

BACA JUGA :  Jenis Port Komputer, Pengertian, dan Kegunaannya

Jika Google akhirnya menjatuhkan kerajaan Microsoft dengan sistem operasi barunya yaitu GooOS, itu hanya masalah waktu dan kita akan menjadi saksi runtuhnya salah satu kerajaan teknologi terbesar didunia.
Namun, penting untuk tidak beralih dari satu monopoli ke monopoli lainnya, tetapi memiliki berbagai alternatif untuk dipilih secara efisien dan menghasilkan kontribusi yang benar dan kreatif untuk pengembangan teknologi yang lebih baik lagi, begitu point positif yang dapat kita ambil dari pertempuran dua raksasa teknologi ini.

Okay saat ini ditahun 2022 GooOS telah berubah nama menjadi Chrome OS namun fungsi dan fiturnya masih sangat jauh jika dibandingkan layanan sistem operasi yang telah dimiliki oleh Windows Microsoft, namun bukan tidak mungkin sistem operasi besutan google ini yaitu GooOS atau sekarang berubah nama menjadi Chrome OS ini akan berkembang dan menyaingi rival terberat mereka yaitu Windows Microsoft, ini hanya masalah waktu dan tekat bulat kedua raksasa teknologi ini demi memberikan nilai kepuasan kepada pelanggan atau pengguna teknologi mereka , siapa lagi jika bukan kita.