Benarkah Software Anti-Virus Melawan Infeksi Komputer Atau Hanya Bisnis

Anti-virus pertama mendengar kata ini apa yang ada di benak dan fikiran anda? Iyap, tentu ini adalah program yang membantu begitu banyak masalah yang timbul akbibat dari virus yang bertebaran di internet.

Banyak pengguna komputer atau end user mengadopsi policy atau ungkapan ‘itu tidak akan pernah terjadi pada saya’, tetapi ada sejumlah virus komputer di luar sana yang menunggu untuk menginfeksi dan menghancurkan informasi yang ada di hard drive mereka.

Inilah sebabnya mengapa perusahaan menemukan perangkat lunak atau software anti-virus, yang merupakan program yang secara otomatis membantu mendeteksi keberadaan virus di komputer atau dalam file sebelum dibuka pada komputer anda.

Siapa pun yang menghabiskan banyak waktu menjelajahi internet, mengunjungi situs web yang tidak dikenal, atau mengunduh foto, berisiko lebih tinggi terkena virus komputer daripada mereka yang tidak atau menggunakan internet hanya untuk bermedsos atau Tiktokan saja.

Virus komputer biasanya melekat pada dokumen pengolah kata atau word processing seperti MS.Word, Libre Office dan Google Word, program komputer dasar, dan gambar yang jika diunduh dapat langsung memengaruhi kinerja komputer, apakah anda pernah mengalaminya?.

Jika virus komputer menginfeksi komputer, pemilik dapat segera kehilangan semua yang ada di komputer mereka dan mungkin terpaksa menggunakan disk lain untuk safemod atau reset ke settingan defaul pabrik. CD ini yang berisi installasi Windows ini, yang disertai dengan sebagian besar program komputer baru, akan mengembalikan komputer ke pengaturan pabrik aslinya.

Perangkat lunak atau software anti-virus cukup terjangkau mengingat penggunaannya yang banyak dan hampir disetiap komputer yang ada akan tertanan perangkat lunak atau software anti virus ini.

Tanpa terkecuali, pengguna komputer berada pada risiko konstan untuk virus komputer. Perangkat lunak atau software anti-virus umumnya dapat ditemukan di situs web produsen komputer mana pun, departemen elektronik toko ritel atau online di banyak pengecer yang menjual komputer dan sofwate secara terpisah.
Siapapun yang mencurigai bahwa komputer mereka mungkin terinfeksi virus harus menahan diri dari mengirim pesan email atau mengunggah foto ke keluarga atau teman. Jika tidak, virus dapat menyebar untuk menginfeksi komputer mereka juga dengan sangat cepat.

BACA JUGA :  Manakah yang termasuk Makhluk hidup yang dapat membuat makanan sendiri

Perangkat lunak atau software anti-virus tersedia paling umum pada CD-Rom, tetapi juga dapat diunduh dari beberapa produsen. Dengan mengklik dua kali pada perangkat lunak atau software, program anti-virus akan mulai memindai seluruh komputer Anda. Seiring perkembangannya sampai detik ini, ini akan memberi Anda pembaruan tentang kemungkinan lokasi virus atau file yang mungkin menjadi perhatian dari perangkat lunak atau software ini.

Selain itu, beberapa perangkat lunak atau software anti-virus akan memungkinkan pengguna untuk memindai satu file sebelum membukanya. Misalnya, jika pengguna komputer mengunduh gambar tetapi ingin menjalankan pemindaian virus sebelum membuka file, dia dapat mengklik perangkat lunak atau software anti-virus dan mengarahkannya ke file yang dimaksud.

Program anti-virus akan memindai file untuk kemungkinan virus dan akan segera menampilkan dan memscreening hasilnya di layar komputer anda. Ini akan memungkinkan pengguna komputer untuk mengetahui file mana yang aman dan mana yang tidak atau sudah terinfeksi virus.

Di dunia sekarang ini, perangkat lunak atau software anti-virus sangat banyak dan terus mengupdate tentang informasi virus virus baru yang muncul, fungsi virus tersebut dan lokasi virus tersebut di internet.

Ini adalah pendekatan pencegahan dan pengobatan untuk penyakit tertentu yang mempengaruhi komputer anda. Jika pengguna tidak memiliki perangkat lunak atau software anti-virus yang telah diinstal sebelumnya ke komputer mereka, disarankan agar mereka segera membeli program sebelum masuk ke internet dan budidayakan membeli lisensi nya jangan unduh secara bajakan dan crack.

Mari ketopik pembahasan yang lebih dalam mengenai bisnis yang timbul akibat dari virus ini, bisnis yang timbul dari adanya virus komputer adalah adanya teknisi komputer secara online dan terbentuknya brand bisnis baru yaitu anti virus.

BACA JUGA :  Cara Membuka Blokir PSE Kominfo,Buka Paypal dan Platform Gaming Yang diblokir

Mari lebih dalam lagi jika kita bertanya di internet dan kita membuat sebuah polling internet dan kita bertanya kepada responden kita “Anti virus ada karena adanya virus atau hanya bisnis baru yang sengaja dibentuk dengan mengobankan Virus sebagai kuda hitamnya”.

Mengutip jawaban dari pakar internet bahwa jawabanya adalah perushaan anti virus lah yang dibentuk dan tumbuh di internet terlebih dahulu daripada virus yang kita kenal saat ini, jadi secara mengejutkan kita semua bahwa kita saat ini sedang dalam area permainan yang kita tidak tau siapa dalang dari bisinis ini.

Jika, bisnis ini dengan sengaja dibuat kita adalah sebagai korban atau ladang bisnis bagi mereka atau dalang dari bisis anti virus ini maka secara tidak mungkin internet juga ikut andil besar dalam masalah ini.

Mari kita lupakan sebentar tentang propaganda bisnis anti virus ini dan kita fokus pada fungsi anti virus ini. Anti virus memiliki fungsi mengscan file file yang terkena virus dan menginformasikan kepada anda file apa saja yang terinfeksi virus, benar bukan?.

Namun fokus kita pada fungsi selanjutnya yaitu identifikasi nama virus dan alamat database virus dan tanggal virus itu menginfeksi komputer anda, jika semua aktivitas itu dilakukan secara bersamaan maka bukan tidak mungkin varian baru dari virus virus itu sudah tertanam di dalam database anti virus tersebut.

Ya begitulah bisnis internet yang saat ini terjadi dan yang sedang kita nikmatin namun kita adalah pengguna komputer end user yang hanya bisa beransumsi jika kita tidak mengenal lebih dalam bahasa pemrograman apa yang sedang mereka gunakan.

Sejarah terbentuknya virus terinspirasi pada trojan horses era kerajaan yunani dan sampai saat ini virus tersebut aktif dalam pengembangan oleh pihak developer mereka. Fokus perhatian kita pada perusahaan anti virus yang membasmi virus trojan horses ini, apakah mereka benar-benar terpisah perusahaan atau sebaliknya mereka bekerja dalam satu perusahaan yang sama, namun sampai saat ini belum ada penelitian khusus yang membahas ini secara terbuka.

BACA JUGA :  5 Aplikasi Cleaner Android Terbaik Yang Mudah Anda Gunakan

Kiat yang mesti dilakukan untuk setiap pengguna internet end user adalah jangan mudah untuk mengklik informasi dengan tautan atau link yang belum pernah kita tahu sumbernya sebab dari sanalah salah satu sumber masuknya virus tersebut.

Seperti artikel sebelumnya bahwa teknik phising merayap melalu email pengguna maka virus juga demikian sifat virus internet sama persis dengan virus di dunia nya mereka tidak akan hidup tanpa sel inangnya dan komputer anda lah yang menjadi inang baru mereka.

Sebagai penutup virus dan anti virus adalah sebuah bisnis yang sengaja diciptakan demi meraup dollar dari pengguna internet yang gratis berselancar di dunia digital atau maya.