Adware dan Software Bundle Yang Menjadi Penyebab Munculnya Bisnis Antivirus

Dunia Internet adalah sumber informasi yang luas dan memiliki user atau pengguna di seluruh dunia dapat mengunduh program apa pun yang mereka inginkan ke komputer mereka. Tetapi, Dunia internet memiliki koneksi terbuka ke dunia luar dan juga bisa berbahaya untuk pengguna itu sendiri dan lingkungan online saat ini, terutama ketika Anda melihat munculnya aplikasi adware & spyware yang dapat diunduh ke komputer Anda tanpa Anda sadari.

Mungkin anda pernah mendengar tentang spyware dan adware dari berbagai sumber dan ahli pakar teknologi di tempat kerja anda, tetapi apa artinya bagi Anda dan pengguna internet yang lain?.

Tentunya, hal-hal semacam ini hanya mempengaruhi komputer dan server bisnis saja, bukan?, kalau pendapat anda seperti itu maka anda salah minilai adware dan spyware.

Spyware dan adware dapat diunduh ke komputer mana pun, terlepas dari apakah Anda sedang bekerja atau menjelajahi web di rumah. Bahkan terkadang tidak disadari bahkan anda belum terpikir akan menjadi kandidat yang paling mungkin terkena serangan ini ketika anda sering mengakses: situs porno, situs perjudian & bahan-bahan ilegal lainnya.

Sayangnya, terkadang perusahaan yang kami anggap bereputasi baik ternyata juga menggunakan spyware untuk melacak setiap gerakan Anda, apa anda sadari semua ini, mungkin dari anda belum menyadari sejauh ini teknologi sekarang.

Spyware dan adware tidak bekerja seperti virus biasa yang ada di internet yang hanya menyerang komputer anda dengan tujuan iseng-iseng saja. Biasanya mereka tidak berbahaya, tetapi mereka bisa sama menjengkelkannya dan sangat sulit untuk dihilangkan dari komputer anda karena mereka sebelumnya sudah merecord semua kegiatan dan apa yang anda cari ketika berinternet.

Mereka biasanya muncul di browser web Anda sebagai toolbar baru di atas dan memicu iklan pop-up acak pada waktu tertentu tergantung dari settingan dan timezone pengguna mereka. Apa yang terjadi adalah program-program ini sedang diunduh dan melacak informasi Anda: situs web yang pernah Anda kunjungi, riwayat pencarian Anda di Google, Yahoo atau mesin pencari lain….bahkan mungkin kata sandi Anda.

BACA JUGA :  6 Fitur Menarik Dari GB Whatsapp Apk Sebelum Anda Mendownloadnya

Mereka juga melakukan hal-hal yang menghabiskan sumber daya komputer Anda yang berharga atau membajak beranda Anda dan mengalihkannya ke beberapa situs search engine acak secara otomatis. Anda dapat dengan cepat melihat apa gangguan ini, terutama jika Anda akhirnya memiliki banyak program yang diunduh ke komputer Anda.

Aplikasi semacam itu maksudnya adware dan spyware, ketika dipicu hampir secara bersamaan, dapat menyebabkan Anda mengalami masalah serius dan banyak waktu serta upaya untuk memperbaikinya. tetatpi, ada banyak cara menghapus spyware dan program anti spyware yang tersedia untuk Anda yang dapat Anda unduh dan mungkin beberapa bahkan memiliki versi percobaan gratis.

Satu dari dua program pembasi adware dan spyware ini, mereka sangat mudah digunakan dan dapat membasmi file dan cookie di komputer Anda yang terkait dengan spyware.

Oleh karenanya setelah Anda mengunduh salah satu aplikasi ini (antivirus), Anda harus waspada dan ingat untuk menggunakan program ini setidaknya setiap minggu untuk menghindari adware dan spyware akan masuk ke komputer anda kembali.

Ini membantu anda sedikit untuk membasmi program adware dan spyware yang juga berisi semacam pelindung adware yang berjalan di latar belakang windows anda dan memblokir unduhan spyware baru sebelum mereka mengclonning dirinya sendiri.

Selain itu, pastikan untuk selalu mengetahui jenis tautan atau link yang Anda klik sebelum mengekliknya, meskipun itu dari seseorang yang Anda rasa Anda kenal. Biasanya, email spam berisi tautan yang menyuruh anda untuk mengeklik dan akan mengunduh beberapa spyware.

Tetapi teman Anda mungkin mengirimi Anda tautan di AIM atau sejenisnya tanpa mengetahui bahwa itu adalah tautan untuk mengunduh spyware. Insiden ini lebih umum daripada yang mungkin Anda pikirkan jauh-jauh. Sekali lagi, program penghapus atau antivirus spyware yang berjalan di latar belakang dapat sangat membantu di sini.

BACA JUGA :  5 Cara Melacak HP yang Hilang Dalam 5 Menit

Jika Anda tahu cara melindungi komputer Anda dari spyware sebelum diunduh dan masuk kekomputer anda, maka Anda akan jauh lebih baik dan Anda akan dapat menjelajahi web dengan bebas dan aman tanpa harus menghubungi teknisi PC di ujung jalan untuk perbaiki komputer Anda dengan biaya yang keterlaluan Anj**g.
Membundel aplikasi perangkat lunak bersama adalah praktik yang banyak disalahgunakan oleh pemasok adware dan spyware. Potensi untuk menyelundupkan perangkat lunak yang tidak diinginkan ke dalam bundel perangkat lunak yang diinginkan sangat jelas. Manfaat perangkat lunak bundling tidak begitu jelas. Bukankah sudah waktunya untuk mempertimbangkan dan membuang praktik bundling perangkat lunak, ya itu sebenarnya hak penuh dari developer aplikasi?

Perangkat Lunak yang Dibundle apakah ada jaminan bukan Adware?
Jika pengguna menginginkan perangkat lunak, mengapa dia tidak diizinkan untuk menginstalnya secara terpisah? Jika perangkat lunak yang dibundel sangat penting untuk berfungsinya perangkat lunak asli (tidak termasuk fungsi umum seperti menginstal, menghapus instalasi, dan dokumentasi), mengapa pengembang tidak membangun fungsinya secara langsung ke dalam perangkat lunak asli? Benar bukan.

Tentu, terkadang ada aplikasi perangkat lunak yang jelas melengkapi aplikasi lain seperti utilities by windows. Tetapi bagi pengguna yang tidak menginginkan perangkat lunak pelengkap, memilikinya sangatlah tidak berguna yang menambah file unduhan menjadi membengkak dan proses instalasi yang lama.

Apakah kemungkinan pengguna menginginkan perangkat lunak yang dibundel lebih besar daripada risiko pemasangan perangkat lunak yang dibundel tanpa sepengetahuan pengguna? Dalam hal adware, komunitas teknologi semakin bersedia untuk memberikan beban pembuktian pada pembuat adware:

* Pernah dengar situs web download.com Cnet baru-baru ini menghapus setiap dan semua perangkat lunak yang disertakan dengan perangkat lunak lain yang menampilkan iklan, terlepas dari seberapa baik informasi pengguna tentang perangkat lunak yang dibundel oleh download.com.

BACA JUGA :  Bagaimana cara kerja Software Engineering? Simak penjelasan disini

* Jaringan afiliasi seperti Commission Junction dan Kolimbo telah memperingatkan pengiklan agar tidak menerima distributor adware ke dalam program afiliasi mereka atau mengeluarkan mereka dari commission junction dan kolimbo.

* Banyak pakar hukum teknologi mengatakan bahwa perjanjian lisensi click-wrap yang dianggap sah oleh adware bukanlah bukti persetujuan yang diinformasikan. Beberapa ahli bahkan mengatakan bahwa perjanjian semacam itu merupakan kontrak yang tidak masuk akal: beban yang dikenakan oleh adware sangat besar dan manfaat yang ditawarkan sangat kecil.

Adware yang Dibundel
Jika perlombaan war spam merupakan indikasi, kami mungkin akan segera menghadapi upaya yang lebih agresif untuk mendapatkan adware di komputer kami begitulah kata pakar ahli computer terkemuka. Akan ada argumen yang lebih menyiksa bahwa adware yang dibundel diinstal dengan persetujuan pengguna.

Mengapa tidak menghentikan salah satu argumen itu sekarang? Mari kita dorong standar industri bahwa pengembang terkemuka tidak menggabungkan perangkat lunak (dengan beberapa pengecualian yang sangat spesifik seperti dokumentasi, instalasi, dan pelaporan kesalahan).

Pada akhirnya, dengan menyingkirkan perangkat lunak yang dibundel, apa yang harus kita hilangkan selain adware? Atau bahkan Spyware dan Trojan horses akan hilang juga dari dunia internet, jawabannya tentu tidak.