Bagaimana menurutmu sifat udara

sifat udara

Jawaban:

 

Udara dalah benda yang memiliki bentuk gas, yang memiliki tiga sifat karakteristik:

 

(1) gas mudah untuk dimampatkan,

(2) gas mengembang untuk mengisi wadah tempatnya berada,

(3) gas menempati ruang yang jauh lebih banyak dan memiliki massa jenis yang lebih kecil daripada zat cair atau zat padat

 

Pembahasan:

 

Benda berfase gas memiliki sifat daya tarik atara molekulnya yang sangat lemah. Ketika benda berfase gas ini dimasukkan ke suatu wadah, benda gas ini akan berubah bentuknya, dan volumenya juga akan berubah, sehingga sama dengan bentuk dan volume wadah.

 

Contoh benda padat adalah gas yang ditiupkan ke dalam balon. Ketika gas dimasukkan ke balon, maka gas ini berbentuk seperti balon dan volumenya juga akan sesuai dengan volume balon.

 

Gas akan memiliki massa jenis yang lebih kecil daripada zat cair atau zat padat. Ini terlihat misalnya ketika pelampung berisi udara dapat mengapung ketika diletakkan di air.

 

Benda berfase gas dapat berubah menjadi bentuk lain, yaitu menjadi benda padat dalam proses deposisi, dan menjadi benda cair dalam proses kondensasi. Contoh deposisi misalnya adalah pembentukan jelaga di cerobong asap, sementara contoh kondensasi adalah pembentukan embun dan tetes air hujan.

 

Kode: 4.4.6

Kelas: IV

Mata pelajaran: IPS/Sains

Materi: Sifat dan Perubahan Wujud Benda

Kata kunci: Sifat Udara

BACA JUGA :  Tuliskan masing-masing dua contoh kewajiban di lingkungan rumah,sekolah,dan masyarakat!tuliskan juga dampak terhadap hak orang lain jika tidak melakukan hal-hal tersebut