Jelaskan masalah dalam perdagangan antarnegara bagi indonesia

Jelaskan masalah dalam perdagangan antarnegara bagi indonesia

Pertanyaan yang adik ajukan, merupakan pertanyaan yang terdapat pada buku IPS kelas VIII/8 Uji Kompetensi Halaman 189-192. Berikut akan kakak coba ulas pertanyaan yang adik ajukan beserta pertanyaan terkait lainnya.

A.   Pilihan Ganda

1.    A         6. B

2.    C         7. A

3.    C         8. A

4.    B         9. D

5.    C         10. C

B.   Essay

1.    Jelaskan hubungan peran rumah tangga konsumen dan  rumah tangga produsen dengan bagan siklus perekonomian dua sektor!

(Untuk bagan siklus perekonomian dua sektor, dapat dilihat pada lampiran gambar).

2 Garis panah bagian atas menjelaskan bahwa RTP memberikan barang/jasa pada konsumen, kemudian sebagai imbalannya RTK memberikan sejumlah uang kepada RTP.

2 Garis panah  bagian bawah menjelaskan RTK berperan sebagai penyedia faktor produksi, sedangkan RTP berperan sebagai pengguna faktor produksi. RTP memberikan imbalan atas faktor produksi yang diberikan oleh RTK. Imbalan ini  berupa sewa, upah/gaji, bunga, dan keuntungan.

2.    Jelaskan  tiga peran pemerintah dalam perekonomian!

3 Peran pemerintah dalam perekonomian yaitu sebagai Pengatur/Regulator, Konsumen, dan Produsen.

a. Pengatur/Regulator = Pemerintah berperan sebagai pengatur perekonomian, sehingga dapat menyejahterakan masyarakat

b. Konsumen = Guna menjalankan fungsinya sebagai regulator, pemerintah otomatis membutuhkan sarana dan prasarana penunjang, yang dibeli dari rumah tangga perusahaan/produsen.

c. Produsen =  Dalam menjalankan perannya sebagai produsen, pemerintah memproduksi barang atau jasa.

3.    Menurut pendapat kalian, apa langkah yang sebaiknya diambil pemerintah dalam meningkatkan ekonomi maritim?

Menurut kakak, langkah yang sebaiknya diambil pemerintah dalam meningkatkan ekonomi maritim yaitu dengan cara mengubah paradigma pembangunan nasional, dari pembangunan berbasis daratan (land-based development)  menjadi pembangunan berbasis kelautan (ocean-based development). Hal ini bertujuan guna memacu berbagai produk kebijakan publik, infrastruktur, dan sumber daya finansial yang terintegrasi menunjang pembangunan kelautan.

4.    Menurut pendapat kalian, apa langkah yang sebaiknya diambil pemerintah dalam meningkatkan sektor agrikultur di Indonesia?

Langkah yang sebaiknya ditempuh oleh pemerintah guna meningkatkan sektor agrikultur di Indonesia seperti mengembangkan ekofarming, distribusi pupuk secara merata, perbaikan irigasi, melakukan pembangunan dan perbaikan berbagai sarana pendukung sektor pertanian, serta pembukaan lahan baru sebagai tempat yang dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Indonesia.

5.    Jelaskan 5 (lima) upaya pemanfaatan laut dalam meningkatkan perekonomian!

a. Pembangunan berbasis kelautan (ocean-based development) guna menunjang pembangunan kelautan.

b. Memacu percepatan pengembangan infrastruktur dan ketersambungan maritim guna mengurangi inefisiensi ekonomi nasional dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

c. Melakukan pembangunan konektivitas maritim guna memberikan jaminan kesatuan ekonomi dan menekan perbedaan harga serta  kesenjangan ekonomi antarwilayah.

d. Pemerintah menyiapkan pelabuhan yang besar serta memadai guna menyambut ASEAN Connectivity.

e. Menyiapkan kerangka regulasi yang sesuai dengan semua negara di ASEAN agar didapatkan keharmonisasian regulasi dalam menyambut MEA.

6.    Apa yang dimaksud dengan redistribusi pendapatan?

Redistribusi pendapatan adalah pendistribusian kembali pendapatan masyarakat kelompok kaya kepada masyarakat kelompok miskin baik berasal dari pajak ataupun pungutan-pungutan lain

7.    Jelaskan 3 (tiga) faktor yang mendorong terjadinya  perdagangan antarnegara!

a. Memenuhi segala kebutuhan dalam negeri.

b. Keinginan mendapatkan pendapatan negara yang berlebih.

c. Perbedaan kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengolah sumber daya ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.