Hal yang paling penting dalam membacakan naskah berita adalah

Hal yang paling penting dalam membacakan naskah berita adalah

A. Iklan
B. Teman membaca
C. Orang yang mendengarkan
D. Susunan naskah berita

Hal yang paling penting dalam membacakan naskah berita adalah SUSUNAN NASKAH BERITA (D). Salah satu ciri teks berita adalah sistematis dan lengkap. Sistematis artinya tersusun dengan baik sehingga mudah dimengerti.

» PEMBAHASAN

Berikut analisis masing-masing pilihan jawaban yang ada di soal:

  • A. Iklan. JAWABAN SALAH, iklan bukan bagian dari teks berita yang dibacakan sehingga bukan hal yang paling penting dan mendasar.
  • B. Teman Membaca. JAWABAN SALAH, masing-masing pembaca berita memiliki bagian tersendiri sehingga yang paling penting diperhatikan adalah teks berita yang akan kit abaca, bukan pihak lain.
  • C. Orang Yang Mendengarkan. JAWABAN SALAH, pihak yang mendengar berita sifatnya pasif dan bukan bagian dari hal-hal yang perlu diperhatikan ketika membacakan naskah berita. Fokus utama pembaca berita adalah naskah yang akan ia bacakan.
  • D. Susunan Naskah Berita. JAWABAN BENAR, fokus utama pada saat kita membaca naskah berita adalah naskah dan pengucapan diri. Selain memperhatikan lafal, intonasi dan sikap dalam membacakan berita, kita juga harus memastikan naskah yang dibaca tersusun dengan baik agar mudah dipahami pendengar.
BACA JUGA :  Sebutkan manfaat kewajiban