Alat yang digunakan untuk mengukir bahan lunak dinamakan

Alat yang digunakan untuk mengukir bahan lunak dinamakan

Dalam menggunakan bahan lunak, kita bisa menggunakan suatu alat khusus yang akan digunakan untuk menciptakan ukiran pada bahan lunak tersebut. Untuk mengukir bahan lunak, nama alat yang digunakan adalah butsir.

 

Pembahasan

Kerajinan adalah salah satu bentuk dari karya seni yang proses pembuatannya mengandalkan keterampilan tangan dan juga keahlian tangan yang dimiliki oleh penciptanya. Hal ini juga yang membedakan karya kerajinan dengan produk industri karena produk kerajinan dibuat mengandalkan keterampilan tangan, tidak seperti produk industri yang menggunakan tenaga mesin. Dalam pembuatan kerajinan, ada berbagai jenis bahan dasar yang bisa kita gunakan dan setiap bahan dasar tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang tentunya akan mempengaruhi hasil akhir dari kerajinan tersebut.

 

Bahan lunak adalah salah satu jenis dari bahan dasar yang sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kerajinan. Sifat lunak dan lembek yang ada pada bahan lunak membuat bentuk dari bahan lunak bisa berubah dengan mudah dengan hanya menggunakan tangan. Untuk menciptakan kerajinan bahan lunak yang indah, kita bisa menciptakan ukiran pada permukaan bahan lunak tersebut. Untuk bisa melakukan hal tersebut, maka dari itu kita membutuhkan alat butsir. Alat butsir adalah suatu alat yang memiliki ujung runcing dan bisa mengukir bahan lunak. Alat butsir ini biasanya terbuat dari kayu atau kawat dan seringkali diterapkan pada bahan lunak, seperti tanah liat.

BACA JUGA :  Samudra luas yang mengapit wilayah Indonesia adalah