Pengertian wiraga, wirama, wirasa, wirupa

Pengertian wiraga, wirama, wirasa, wirupa

Unsur pemeranan terdiri dari wiraga, wirama, wirasa, dan wirupa.

Pembahasan

  1. Wirupa adalah rupa atau wujud para penari mengenakan kostum yang berwarna-warni, seperti merah, kuning, serta hijau. Mereka juga mengenakan selendang yang warnanya senada dengan kostum penari, yang  terikat pada pinggang penari Merak. Ketika dibentangkan, selendang itu tampak seperti sepasang sayap dari seekor burung Merak. Para penari Merak juga menggunakan mahkota yang berhiaskan replika kepala burung merak.
  2. Wirasa adalah perasaan yang diekspresikan lewat raut muka dan gerak. Penari Merak memainkan gerak yang menggambarkan keanggunan, keindahan serta kelincahan seekor burung Merak yang menggambarkan seekor merak jantan yang berusaha menarik hati sang merak betina.
  3. Wirama adalah ritme atau tempo atau seberapa lamanya rangkaian gerak ditarikan serta ketepatan perpindahan gerak selaras dengan jatuhnya irama. Para penari merak menari dengan lincah seperti seekor merak yang diiringi dengan alat musik gamelan Sunda.
  4. Wiraga adalah raga atau tubuh, yaitu gerak kaki sampai kepala, merupakan media pokok gerak tari. Ciri khas dari tari merak adalah gerak merentangkan selendang dan menggerakkan kepala seperti seekor merak yang membentangkan sayapnya dan menggerakkan kepala.
BACA JUGA :  Apa yang kamu lakukan ketika melihat temanmu melakukan perbuatan tercela