al-hayyu artinya

al-hayyu artinya yang maha…..

al-qoyyum artinya yang maha…..

al-ahad artinya yang maha……

Al-Hayyu, Al-Qoyyum dan Al-Ahad adalah nama-nama indah Allah SWT yang disebut juga dengan istilah Asmaul Husna. Arti dari Al-Hayyu adalah Maha Hidup (Kekal), arti Al-Qoyyum adalah Maha Mengatur atau Maha Berdiri Sendiri, Maha Mandiri dan Al-Ahad artinya Yang Tunggal atau Maha Tunggal, Maha Esa.

Pembahasan

Asmaul Husna adalah nama-nama indah Allah SWT yang mencerminkan sifat-sifat agung-Nya. Mengenai jumlah asmaul husna, para ulama berbeda pendapat. Ada yang mengatakan jumlahnya hanya ada 99 nama saja tapi tak sedikit pula yang sampai menyebutkan jumlahnya ada ratusan bahkan ribuan. Meski begitu, yang paling sering diajarkan adalah 99 asmaul husna.

Dari 99 asmaul husna tersebut terdapat Al-Hayyu, Al-Qayyum dan Al-Ahad. Menurut beberapa Ulama, asmaul husna Al-hayyu ini adalah asmaul husna yang paling agung apabila digabungkan dengan nama Al-Hayyu. Keduanya dsebut sebagai Ismul A’zham, yakni nama Allah yang agung.

Kedua asmaul husna ini sebenarnya dijumpai gabungannya dalam 3 surah yang salah satunya adalah Al-Baqrah ayat 255 yang disebut juga dengan Ayat Kursi. Ketika digabung, keduanya menjadi Hayyul Qayyûm.

Menurut ulama, menyebut nama Allah bersama dengan kedua asmaul husna ini akan membuat doa yang dipanjatkan lebih cepat diijabah.

BACA JUGA :  Berikut merupakan konsep Ruang yang tepat yaitu