Apakah yang di maksud masa puber

Apakah yang dimaksud masa puber

Masa puber atau pubertas adalah masa dimana berlangsung proses peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Masa ini ditandai melalui tanda primer maupun sekunder yang dialami. Masa ini juga disebut dengan masa remaja. Dalam masa pubertas juga, seseorang akan mengalami beberapa perubahan dalam beberapa bagian tubuh dan perkembangan didalam tubuh pula yang berhubungan dengan fungsi seksual.

 

Pembahasan

Masa pubertas adalah masa yang normal dan pasti dialami oleh setiap orang dalam menuju kedewasaan secara fisk, psikis dan seksual. Masa pubertas juga dapat muncul karena dorongan hormon yang dihasilkan otak. Tanda perubahan fisk akan terlihat jelas dan antara perempuan dan laki-laki akan berbeda. Seperti, tumbuh jakun pada pria, sedangkan pada perempuan tidak terlalu menonjol, lalu dada pria akan semakin bidang sedangkan perempuan akan tumbuh payudara, dan berbagai ciri fisik lainnya. Termasuk juga bagaimana perubahan psikis yang nampak seperti emosi yang cenderung tidak stabil karena mereka dalam masa ini cenderung mencari jati diri mereka. Perubahan primer dalam pubertas ini ditandai dengan adanya pematangan fungsi seksual dimana laki-laki akan mengalami mimpi basah dan perempuan akan mengalami siklus menstruasi pertama. Pubertas umumnya tiba pada usia yang sesuai, dan jika terlalu awal, hal ini dapat disebut dengan pubertas dini.

Detil Jawaban

Mata Pelajaran: Biologi

Materi: Bab 1 – Pertumbuhan dan Perkembangan

Kelas: 12 SMA

Kode Kategorisasi: 12.4.1

BACA JUGA :  Sebuah Kapal mengirim pulsa ultrasonik ke dasar laut yang kedalamannya 2. 800 m. Jika cepat rambat bunyi di dalam air laut 1. 400 m/s, maka waktu yang dicatat fathometer mulai dari pulsa dikirim hingga diterima kembali adalah