Mengapa thaharah itu penting

PERTANYAAN

1.Mengapa thaharah itu penting

2.Jelaskan perbedaan antara hadas dan najis

3.Sebutkan macam2 najis dan beri contohnya

4.Sebutkan hal2 yg menyebabkan orang itu berhada besar

5.Mengapa perempuan yg sedang haid tdk boleh melaksanakan shalat dan puasa

6.Jelaskan tata cara tayammum

7.Sebutkan tata cara wudu yg benar

8.Sebutkan air yg suci dan menyucikan

9.Apa yg dimaksud istinja

10.Jelaskan alasan diwajibkannya mandi

JAWABAN

Mengapa thaharah itu penting?

Tanpa thaharah atau bersuci amalan seseorang tidak akan diterima atau tidak sah, sebagai contoh Ada orang yang shalat tanpa berwudhu maka shalatnya tidak sah.

 

Pembahasan

Apa itu Thaharah?

Taharah menurut bahasa, artinya bersih atau bersuci, sedangkan menurut istilah, taharah adalah menyucikan badan, pakaian, dan tempat dari hadas dan najis.

Mengapa thaharah itu penting?

Tanpa thaharah atau bersuci amalan seseorang tidak akan diterima atau tidak sah, sebagai contoh Ada orang yang shalat tanpa berwudhu maka shalatnya tidak sah.

Perbedaan hadast dan najis

Adapun Hadast adalah keadaan orangnya sedangkan Najis adalah bendanya, misal ada orang yang buang air kecil (kencing) maka orang tersebut dikatakan berhadas sementara air kencingnya disebut Najis.

Macam-macam najis dan beri contohnya

 

  • Najis Mukhaffafah (najis ringan)Najis ringan adalah najis yang cara membersihkannya cukup dengan diperciki air di bagian yang terkena najis, meskipun bekas najisnya masih melekat. Contoh: air kencing bayi laki-laki yang masih menyusui
  • Najis Mutawassithah (najis pertengahan) Najis pertengahan adalah najis yang cara membersihkan nya harus dihilangkan sampai tuntas. Bisa dengan disiram air sampai bersih, digosok dengan tanah atau benda lain, atau dengan cara yang lainnya. Contoh: kotoran manusia dewasa, darah haid, dll
  • Najis Mughallazhah (najis berat)Najis berat adalah benda najis yang cara membersihkannya dengan dicuci sebanyak tujuh kali. Contoh: liur anj*ng yang menjilati wadah berisi air.
BACA JUGA :  Sel tumbuhan dan sel hewan memiliki perbedaan walaupun secara umum organelnya sama perbedaannya antara lain

 

Hal yang menyebabkan seseorang berhadas besar:

  • Mimpi Basah dan sperma keluar (jika tidak ada air sperma maka tidak berhadas besar)
  • Berhubungan badan suami istri ( meskipun timba hanya diujung sumur maka sudah dianggap berhadas besar)
  • Keluar sperma disengaja ataupun tidak disengaja.

 

Mengapa perempuan yg sedang haid tdk boleh melaksanakan shalat dan puasa?

Karena Perempuan yang Haid dalam keadaan tidak suci dan juga disebutkan dalam Hadits tentang larangan melakukan shalat dan puasa yang artinya:

Dari Ibnu Umar ra: Para wanita (haid) melewati malam-malam tanpa boleh shalat dan mereka harus berbuka pada bulan Ramadhan. [... sampai akhir hadits...] (HR. Muslim)

 

Tata cara Tayammum

tata cara Tayammum disebutkan dalam potongan hadits:

….memukulkan telapak tangannya ke permukaan bumi sekali pukulan lalu meniupnya. Kemudian beliau mengusap punggung telapak tangan (kanan)nya dengan tangan kirinya dan mengusap punggung telapak tangan (kiri)nya dengan tangan kanannya, lalu beliau mengusap wajahnya dengan kedua tangannya. (HR Bukhari Muslim)

  • Jadi diusap sampai pergelangan tangan saja bukan sampai siku

 

Tata cara berwudhu sesuai Sunnah:

Secara Global disebutkan dalam hadits

 

Dari Humroon -bekas budak Utsman bin Affan–, suatu ketika ‘Utsman memintanya untuk membawakan air wudhu (dengan wadahpent.), kemudian ia tuangkan air dari wadah tersebut ke kedua tangannya. Maka ia membasuh kedua tangannya sebanyak tiga kali, lalu ia memasukkan tangan kanannya ke dalam air wudhu kemudian berkumur-kumur, lalu beristinsyaq dan beristintsar. Lalu beliau membasuh wajahnya sebanyak tiga kali, (kemudian) membasuh kedua tangannya sampai siku sebanyak tiga kali kemudian menyapu kepalanya (sekali sajapent.) kemudian membasuh kedua kakinya sebanyak tiga kali, kemudian beliau mengatakan, “Aku melihat Nabi shallallahu ‘alaihi was sallam berwudhu dengan wudhu yang semisal ini dan beliau shallallahu ‘alaihi was sallam mengatakan, “Barangsiapa yang berwudhu dengan wudhu semisal ini kemudian sholat 2 roka’at (dengan khusyuked.)dan ia tidak berbicara di antara wudhu dan sholatnya maka Allah akan ampuni dosa-dosanya yang telah lalu”(HR Bukhari Muslim)

BACA JUGA :  Di sekolah akan diadakan lomba-lomba untuk memperingati hari Sumpah Pemuda. Untuk mempersiapkan lomba bu Guru mengajak anak-anak?

 

Air suci menyucikan (Air Mutlak)

Yakni Air tersebut dapat digunakan untuk berwudu atau bersuci, masak, minum, dan mandi.

contoh:

  • air hujan, air laut, air sumur, dan air yang keluar dari mata air.

Apa itu Istinja?

Istinja menurut bahasa artinya terlepas atau selamat, dari bahasa Arab الْاِسْتِنْجَاء . Sedangkan istinja menurut istilah syariat Islam ialah bersuci sesudah buang air besar atau buang air kecil.

Alasan diwajibkannya mandi :

  • Seseorang diwajibkan mandi karena dia dalam keadaan berhadas besar atau ada hal yang menjadikannya wajib mandi misalnya orang Islam yang meninggal dunia maka wajib mandikan, juga orang yang baru masuk Islam.