Tuliskan beberapa teknik memperbesar atau memperkecil skala manakah cara yg paling mudah ? Jelaskan alasannya

Tuliskan beberapa teknik memperbesar atau memperkecil skala manakah cara yg paling mudah ? Jelaskan alasannya

jawaban

Beberapa teknik memperbesar atau memperkecil skala adalah dengan menggunakan grid, menggunakan pantograf, dengan mesin fotocopy, dengan kamera fotografi. Yang paling mudah untuk memperbesar dan memperkecil skala peta adalah dengan mesin fotocopy, namun dengan syarat skala harus terlebih dahulu diubah ke bentuk skala grafis.

Nah… supaya lebih jelas, simak dulu pembahasan di bawah ini ya…

 

PEMBAHASAN

Pada dasarnya peta adalah penunjuk arah. Peta juga bisa diartikan sebagai gambar permukaan bumi yang diperkecil dengan skala tertentu yang menunjukkan kondisi-kondisi tertentu yang ingin dijelaskan pada peta tersebut. Sedang skala peta secara umum adalah angka atau ukuran perbandingan antara jarak di peta dengan jarak yang sesungguhnya di lapangan.  Pada skala peta, semakin besar angka pembandingnya, maka akan semakin kecil peta tersebut apabila dibandingkan dengan aslinya di lapangan. Dan sebaliknya, jika angka pembandingnya semakin kecil, maka akan semakin besar peta tersebut apabila dibandingkan dengan aslinya.

Besar kecilnya peta dapat dibuat sesuai dengan kebutuhannya. Jika diperlukan peta yang ada juga bisa diperbesar atau diperkecil, namun tentu saja dengan perubahan ukuran peta maka perlu dilakukan penyesuaian skala pada peta tersebut.

Cara untuk memperbesar dan memperkecil peta ada beberapa cara, yaitu:

  • Menggunakan grid, artinya cara merubah ukuran peta dengan menggunakan bantuan grid atau garis petak-petak. Jadi peta yang mau dirubah ukurannya diberi petak-petak sebagai garis bantu, dan di kertas yang akan digunakan untuk menyalin peta juga diberikan petak-petak garis bantu yang sama namun dengan besar sesuai dengan skala yang diinginkan. Kemudian peta disalin sesuai dengan petak-petak garis bantu tersebut.
  • Menggunakan pantograf, yang dimaksud dengan pantograf adalah alat khusus yang digunakan untuk memperbesar atau memperkecil ukuran peta. Sistem kerja dari alat ini adalah dengan bergerak pada keadaan paralellogram atau pada gerakan sejajar. Jadi ada satu titik tempat pensil sebagai alat gambar bagi peta yang baru, sedang satu titik berupa jarum yang digerakkan pada peta asli. Setiap gerakan jarum di peta asli akan secara otomatis menggerakkan pensil untuk menggambar peta baru dengan ukuran yang baru. Perubahan ukuran dapat diatur pada alat ini.
  • Menggunakan mesin fotocopy, biasanya di mesin fotocopy telah tersedia fitur untuk memperbesar atau memperkecil objek yang difotocopy. Sehingga hal sama berlaku apabila ingin mengubah ukuran peta dengan menggunakan mesin fotocopy. Hanya tinggal memasukkan ukuran yang diinginkan dan dalam sepersekian detik peta baru dengan ukuran baru bisa dibuat. Namun metode ini mempunyai kekurangan apabila skala masih dalam skala angka, karena akan menyulitkan dalam penyesuaian skala baru. Jadi untuk mengatasinya skala harus terlebih dahulu dirubah ke skala grafis.
  • Menggunakan kamera fotografi, perubahan skala peta dilakukan dengan pengambilan foto, dengan mengatur jarak fokus lensa, kemudian negatif yang dihasilkan dicetak kembali dalam bentuk foto yang diperbesar atau diperkecil ukurannya.

Dari berbagai cara merubah ukuran peta tersebut, cara dengan menggunakan mesin fotocopy adalah cara yang dirasa paling mudah jika ingin merubah ukuran peta, karena metode ini memerlukan usaha yang paling kecil dan waktu yang sangat singkat dalam pembuatannya. Namun metode ini mempunyai kekurangan apabila skala masih dalam skala angka, karena akan menyulitkan dalam penyesuaian skala baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.