Jelaskan perbedaan mukjizat karomah maunah dan irhas

Jelaskan perbedaan mukjizat karomah maunah dan irhas

Kelas           : XI (2 SMA)
Pelajaran     : Pendidikan Agama Islam
Kategori      : Iman Kepada Rasul Rasul Allah
Kata Kunci  : Mukjizat, Karomah, Ma’unah, Irhas

Perbedaan Mukjizat, Karomah, Ma’unah dan Irhas bisa dilhat dari pengertiannya masing masing, sebagai berikut:

❂ MUKJIZAT adalah suatu kejadian yang sifatnya luar biasa dan terjadi pada diri nabi atau pun Rasul karena kehendak Allah SWT. Mukjizat secara harfiah diartikan sebagai melemahkan. Mukjizat memang diturunkan Allah kepada nabi dan rasul pilhannya dengan tujuan untuk melemahkan usaha usaha kaum kafir yang menentang Islam.

Contoh mukjizat adalah pada saat nabi Ibrahim hendak dibakar oleh raja Namrudz, atas kehendak Allah api tersebut tidak merusak tubuh nabi Ibrahim.

❂ KAROMAH secara harfiah diartikan sebagai kemuliaan, anugerah dan juga keluhuran. Sedangkan menurut para ulama, karomah adalah kejadian atau keadaan luar biasa yang diberikan Allah kepada wali-Nya. Mereka adalah orang yang beriman, bertakwa dan juga beramal saleh.

Contoh Karomah misalnya yang terjadi pada diri Maryam yang selalu ada makanan di sisinya sesuai yang dikisahkan dalam Surah Ali Imran.

❂ MA’UNAH secara harfiah diartikan sebagai pertolongan. Dalam konteks beragama, Ma’unah dimakna sebagai pertolngan yang diberikan pada orang mukmin untuk mengatasi kesulitan yang ia hadapi yang menurut akal melebihi batas kemampuannya.

Contoh Ma’unah adalah seseorang yang bisa selamat dari kobaran api yang sangat hebat, menurut akal seharusnya tak ada korban selamat. Namun atas kehendak Allah, diberi ma’unah dan selamatlah ia.

❂  IRHAS merupakan kejadian luar biasa atau pun hal hal yang istimewa yang terjadi pada calon nabi atau pun rasul pada saat mereka masih kanak kanak.

BACA JUGA :  Apa arti gede hulu bahasa sunda

Contohnya Irhas yang terjadi pada nabi Isa a.s saat ia masih kecil dimana ia bisa berbicara pada orang yang melecehkan Maryam, ibunya.