Sinopsis Buku Novel Mozaik-Mozaik Terindah Karya Andrea Hirata

Profil Andrea Hirata

Andrea Hirata alias Andrea Hirata Seman Said Harun lahir pada Minggu, 24 Oktober 1982.  Ia dikenal sebagai seorang penulis novel yang karyanya diangkat ke layar lebar teater musikal. Meksipun ia melahirkan berbagai karya monumental yang dengan sederet penghargaan, ternyata Andrea merupakan lulusan S1 S1 Ekonomi Universitas Indonesia.

Setelah menyelesaikan studinya, ia berkerja di kantor pusat PT Telkom dan kemudian mendapatkan beasiswa Uni Eropa untuk studi Master of Sciene di Université de Paris, Sorbonne, Perancis dan Sheffield Hallam University, United Kingdom.

Ia lulus dengan predikat cumlaude dan mendapatkan penghargaan dari kedua universitas tersebut atas sumbangsihnya pada bidang ekonomi telekomunikasi. Tesis tersebut kemudian dialih bahasakan ke Indonesia dan menjadi buku teori ekonomi telekomunikasi pertama yang ada di Indonesia dan banyak dijadikan referensi penelitian.

Rasa ingin menulis yang besa ria rasakan ketika mengingat memorinya yang terdalam pada guru sekolah dasar dulu yaitu Bu Mus. Perjuangan dan dedikasi Bu Mus yang kemudian juga membawa Andrea sampai ke kancah dunia. Novel tersebut ia rampungkan hanya dalam waktu tiga minggu.

Muncul Laskar Pelangi membuat nama Andrea menjadi naik daun berkat kepopuleran buku tersebut yang menjadi bestseller. Tidak berhenti sampai di situ, setelah Laskar Pelangi ia kemudian menulis Sang Pemimpi dan Edensor yang sama-sama menarik perhatian banyak orang.

Sang Pemimpi sendiri sudah difilmkan pula sama dengan Laskar Pelangi. Buku keempatnya berlanjut pada cerita seorang gadis bernama Maryamah Karpov. Keempat novel tersebut yang kemudian menjadi tetralogi yang Anda harus baca.

Pada mulanya Andrea tidak ingin jika naskah Laskar Pelangi sampai pada penerbit. Namun, pada akhirnya naskah tersebut tetap sampai ke penerbit dan langsung melejit. Laskar Pelangi mendapat beberapa penghargaan di antaranya Khatulistiwa Literaly Award (KLA) pada tahun 2007, Aisyiyah Award, Paramadina Award, Netpac Critics Award, dan lain sebagainya.

BACA JUGA :  Sinopsis novel Sang Penandai Karya Tere Liye

Melihat sepak terjang dan dedikasi yang luar biasa dalam dunia sastra patut membuat Andrea masuk dalam jajaran penulis ternama yang berhasil membawa sastra Indonesia ke kancah dunia. Selain keempat novel tersebut ia juga mengeluarkan beberapa novel lainnya yang tidak kalah epic dan tentunya wajib masuk dalam shortlist bacaan Anda.

Jika Anda terbiasa dengan buku dan dunia kepenulisan barangkali Anda tidak asing lagi ketika mendengar nama Andrea Hirata. Seperti yang kita tahu, Andrea sudah terkenal dengan berbagai karya terbaiknya salah satunya adalah sinopsis novel Mozaik-Mozaik Terindah.

Sebelum memulai buku itu, kita pasti tahu film menyenangkan yang tidak akan lekang oleh waktu yaitu Laskar Pelangi. Sebelum difilmkan, cerita dari para bocah nun jauh di Belitung sana pertama kali menggemparkan justru diangkat pertama kali melalui buku.

Saat itu bisa dikatakan hampir seluruh dunia menyoroti karya monumental dari Andrea Hirata. Bahkan karya ini memborong berbagai penghargaan baik dari dalam maupun luar negeri. Dengan demikian, hal ini juga menempatkan Andrea sebagai salah satu penulis jajaran atas dengan karya yang tidak main-main.

Sinopsis Novel Mozaik-Mozaik Terindah

Sinopsis novel Mozaik-Mozaik Terindah adalah buku dengan sekumpulan bab-bab pilihan editor yang dianggap terbaik dari keseluruhan buku-buku Andrea Hirata. Di dalam setiap bab kita akan menemukan berbagai perasaan yang berkecambuk dalam sanubari.

Perasaan-perasaan mengenang masa kecil yang indah dengan bermain sesama kawan, rasa hormat pada guru, alam yang masih asri, tidak ada dealine kerjaan yang bertumpuk, perjuangan anak-anak kampung Belitung yang berusaha untuk tetap bisa sekolah meskipun harus melawan segala ketidakmungkinan dan semua perasaan lain yang bisa membuat Anda sedih dan terharu.

BACA JUGA :  Sinopsis Buku Novel Si Putih karya Tere Liye

Seperti halnya, kisah perjuangan Laskar Pelangi yang menjadi international bestseller, dan sudah diterjemahkan ke-40 bahasa asing. Laskar Pelangi saat ini juga sudah terbit dalam 22 bahasa dan diedarkan di lebih dari 130 negara.

Meksipun Novel Mozaik-Mozaik Terindah adalah kumpulan dari banyak buku sehingga ceritanya akan singkat dan padat. Namun, hal ini tidak akan mengurangi pengalaman membaca Anda untuk menyusuri alur cerita dan narasi yang dibangun pada karya-karya Andrea.

Selain itu, ada banyak kutipan menggunggah dan beberapa informasi lebih lanjut mengenai bab yang diceritakan. Jadi, bagaimana apakah Anda tertarik untuk membaca atau membuat novel? Berikut ini adalah beberapa tips sebagai tambahan jika Anda ingin menulis novel seperti seorang Andrea!

Tentukan Sebuah Ide Secara Akurat

Luangkan waktu apa pun yang Anda perlukan untuk memprioritaskan ide cerita Anda dan pilih salah satu yang paling ingin Anda baca — yang paling Anda sukai dan yang akan membuat Anda bersemangat kembali ke keyboard setiap hari.

Ide tersebut harus menangkap Anda sepenuhnya sehingga Anda tidak bisa mengeluarkannya dari kepala Anda. Hanya ide seperti itu yang akan menginspirasi Anda untuk menulis novel yang selalu Anda impikan.

Buat Outline

Jika Anda seorang Outliner, Anda lebih suka memetakan segalanya sebelum mulai menulis novel Anda. Anda ingin tahu karakter Anda dan apa yang terjadi pada mereka dari awal hingga akhir. Jika Anda seorang Pantser, artinya Anda menulis di bagian bawah celana Anda, Anda mulai dengan benih ide dan menulis sebagai proses penemuan.

Seperti yang dikatakan Stephen King, “Letakkan karakter yang menarik dalam situasi sulit dan tulis untuk mencari tahu apa yang terjadi.” Salah satu dari pendekatan ini hanya akan terasa paling alami bagi Anda.

BACA JUGA :  Menikah Jelang Ramadhan Part 6 Cerpen Romantis

Namun, sebenarnya, banyak dari kita adalah hibrida, beberapa kombinasi dari keduanya membutuhkan keamanan garis besar dan kebebasan untuk membiarkan cerita membawa kita ke mana pun itu mau.

Tentukan Karakter Utama

Karakter terpenting Anda adalah protagonis Anda, juga dikenal sebagai pemeran utama atau pahlawan wanita Anda. Karakter utama ini harus mengalami busur kehidupan. Dengan kata lain, menjadi orang yang berbeda, lebih baik atau lebih buruk, lebih kuat atau lebih lemah pada akhirnya.

Untuk sebagian besar novel, itu berarti ia harus memiliki kualitas heroik yang berpotensi muncul di klimaks. Agar pembaca dapat berhubungan dengannya, ia juga harus menunjukkan kekurangan manusia. Jadi tahan godaan untuk menciptakan petunjuk yang sempurna. Siapa yang bisa berhubungan dengan kesempurnaan?

Riset, Riset, Riset

Meskipun fiksi, menurut definisi, dibuat, untuk berhasil itu harus dapat dipercaya. Bahkan fantasi perlu masuk akal. Anda harus meneliti untuk menghindari kesalahan yang membuat cerita Anda sulit dipercaya.

Setelah pembaca telah membeli ke premis Anda, apa yang berikut harus logis. Penelitian yang efektif memungkinkan Anda untuk menambahkan kekhususan yang diperlukan untuk membuat ini berhasil.

Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu. Misalnya, konsultasikan Atlas dan Almanak Dunia untuk mengkonfirmasi geografi dan norma budaya dan menemukan nama karakter yang sesuai dengan pengaturan, periode, dan kebiasaan.

Buka Ensiklopedia jika Anda tidak memiliki satu set, akses satu di perpustakaan setempat atau online dan riset lainnya. Itulah sinopsis novel Mozaik-Mozaik Terindah secara ringkas termasuk profil penulisnya dan kiat-kiat Anda bisa menulis novel seperti seorang legendaris Andrea Hirata.