Sinopsis buku Novel Harga Sebuah Percaya karya Tere Liye

Sinopsis buku Novel Harga Sebuah Percaya

Judul buku       : Harga sebuah percaya

Pengarang        : Tere Liye

Penerbit            : Mahaka publishing

Cinta merupakan hubungan sejati antara dua orang yang saling tak ingin kehilangan, atau dua hati yang dipertemukan tanpa memandang kasta dan jabatan. Setidaknya itulah gambaran bagi laki-laki bernama Jim dan gadis bernama Nayla.

Jim merupakan seorang pemuda miskin yang selalu bekerja keras dalam hidupnya, sedangkan Nayla merupakan gadis bangsawan dalam negerinya.

Takdir bukan manusia yang menentukan, entah bagaimana kedua insan ini dapat bertemu dalam sebuah prosesi acara. Saat itu Jim melihat kecantikan putri Nayla hingga akhirnya mereka menjalin sebuah kasih dalam waktu yang cukup lama.

Keduanya serasi dan juga saling mencintai satu sama lain, Nayla merupakan putri yang baik dan tidak sombong, ia juga tidak pernah memandang orang dari fisik maupun latar belakangnya atau terkecuali untuk Jim.

Namun naas bagi cerita cinta yang mereka miliki, sang ibu bangsawan ingin menikahkan Nayla dengan putra bangsawan lain dan memaksa Nayla mengakhiri hubungannya dengan Jim. Nayla yang tidak mau menuruti perintah ibunya, meminta Jim agar membawanya ke suatu tempat dan pergi bersamanya.

Jim ketakutan dan tidak dapat membawa Nayla pergi bersamanya, ia khawatir akan ditangkap kerajaan dan entah mengapa tiba-tiba Jim menjadi sangat pecundang. Nayla yang kecewa dengan sikap Jim masih tetap ingin bersamanya dan menolak ajakan ibunya.

Akhirnya saat ibu Nayla memaksa untuk terakhir kalinya agar memisahkan diri dari Jim, Nayla merasa keberatan dan kebingungan akan pilihan hidupnya. Hatinya hanya untuk Jim semata bukan untuk orang lain, namun melihat Jim yang tak kuasa membawanya pergi seolah membuat Nayla putus harapan.

Di sisi lain ia tak ingin menikah dengan putra bangsawan itu dan sisi yang lainnya lagi ia hanya ingin bersama Jim semata. Keesokan harinya, Jim mendapatkan kabar buruk bahwa Nayla telah bunuh diri dengan menengguk racun dalam gelas minumnya.

BACA JUGA :  Sinopsis Buku Novel Earth yang Karya Tere Liye

Bagai kehilangan arah hidup, Jim menyesali perbuatannya telah membiarkan Nayla tewas secara mengenaskan hanya demi dirinya. Namun apa yang telah ia perbuat selain mempecundangi diri sendiri dengan tidak membawa Nayla pergi bersamanya.

 

Jim terus dilanda rasa gundah berhari-hari dan selalu teringat pada kecantikan Nayla. Ia bahkan benci pada dirinya sendiri karena sikap pecundangnya itu yang bahkan membuatnya harus kehilangan masa depan yang cerah.

Disaat titik rendah dalam hidupnya, Jim bertemu dengan pria tua yang mengaku bernama sang penandai. Pria itu mendengar cerita Jim yang memilukan,

hingga akhirnya ia memberi saran kepadanya agar mengikuti kapal layar armada kota terapung untuk menuju Tanah Harapan. Sang penandai ingin membuat kisah baru dalam hidup Jim menggantikan kisahnya dengan Nayla yang telah tiada.

Dengan hati dan perasaan yang masih berkecamuk soal Nayla, akhirnya Jim memutuskan untuk ikut berlayar dengan armada kota terapung menuju Tanah Harapan. Ia tak sendirian, bersama Pate sang kawan lama sejak kecil membuat suasana hatinya teredam sedikit-demi sedikit.

Dalam armada itu Jim ingin mengubah dirinya yang dulu sangat pecundang menjadi lebih berani dalam menghadapi kenyataan hidup. Beberapa perompak besar telah ia kalahkan bersama teman armadanya termasuk kelompok perampok Yang Zhuyi.

Dalam perjalanannya Jim juga telah akrab dengan laksamana Ramirez seorang laksaman tempur. Jim juga pernah menemani Pate dalam perjalannya menuju puncak adam, lalu bertempur dengan suku budhis di champa.

Walaupun telah melewati masa-masa bersama armada tersebut, Jim masih belum bisa melupakan kenangan indahnya bersama Nayla beberapa waktu lalu.

Jim terlihat sulit mendamaikan masa lalu dengan dirinya kala itu. Namun telah terjadi beberapa perubahan dalam diri Jim, ia kini mulai berani dalam menghadapi kehidupan dan juga sangat jenius dalam berpikir.

BACA JUGA :  Kemana Uang yang Rutin Aku Kirim Part 3

Kini tak ada lagi sebutan Jim sang pengecut dan pecundang seperti dulu. Sang penandai seolah berhasil dalam membalikkan arah jalan hidup Jim.

Ketika berlayar menuju benua paling selatan yakni benua champa, Jim dipertemukan oleh seorang gadis yang mirip dengan Nayla bahkan suaranya sekalipun mirip. Mereka saling mengenal di benua champa tersebut,

bahkan menjalin hubungan seakan Jim masih ingin memiliki Nayla yang dulu telah hilang darinya. Gadis itu ternyata mau melakukan hubungan yang lebih resmi lagi yakni secara pernikahan.

Jim yang kebetulan masih berada disana waktu itu dan belum memulai pelayaran, memutuskan untuk menikahi sang gadis sebelum ia kehilangan sosok seperti Nayla tersebut. Setelah melakukan persiapan untuk pernikahan, akhirnya hari yang ditunggu-tunggu tiba.

Namun nasib buruk kembali menimpa Jim, bukannya kisah pernikahan yang selama ini ia impikan secara meriah melainkan dentuman meriam yang diluncurkan oleh raja champa. Hal ini disebabkan karena raja champa tak mengizinkan adanya pernikaha besar antara Jim dan sang gadis.

Laksamana Ramirez memutuskan untuk tetap menyerangnya dengan bantuan Jim dan Pate. Sementara itu Jim menyuruh gadis tersebut untukbersembunyi hingga dirinya selesai bertempur.

Sifat Jim yang sudah berubah tak membuatnya gentar lagi dalam menghadapi masalah semacam itu, ia rela berkorban asalkan dirinya tidak kembali seperti dulu yang penakut. Jim dan pasukan armada kota terapung melakukan penyerangan selama 4 hari secara terus menerus.

Akhirnya pada hari keempat, pertempuran selesai dan dimenangkan oleh armada kota terapung. Kejadian itu tepat saat matahari terbit dan memancarkan sinarnya seolah memberi harapan baru bagi Jim.

Terbitnya matahari tersebut menjadi saksi pengorbanan yang dilakukan Jim demi sang gadis karena ia tak mau lagi kehilangan sesuatu yang dianggap berharga baginya.

BACA JUGA :  Cerpen Romantis Menikah Jelang Ramadhan Part 1

Setelah peperangan berakhir, perlahan Jim mulai melepaskan masa lalunya secara perlahan dan membuangnya.

Ia percaya bahwa bergantung pada masa lalu yang buruk tidak akan bermanfaat bagi dirinya maupun masa depannya karena seseorang yang telah terikat kesalahan dan keputusasaan tidak akan bisa menjalani hidup lebih maju dan berani.

Mereka akan dipenuhi ketakutan yang dikhawatirkan akan sama dengan masa lalu. Takut bukanlah cara untuk maju dan berjuang merupakan cara mempertahankan hal yang paling berharga, setidaknya begitulah prinsip Jim di masa sekarang.

Jim akhirnya menyadari bahwa usahanya untuk percaya bahwa selama ini hidupnya akan terus berjalan tanpa masa lalu membuahkan hasil dengan memperoleh Nayla kembali. Tetapi ia juga tidak melupakan kawan-kawannya yang masih berjuang menghadapi berbagai masalah.

Diakhir hidupnya, Jim dan gadis tersebut menjalani kehidupan seperti biasa dan hidup berbahagia. Ia telah menemukan gantinya dan juga masa depannya, sebuah dongeng yang seharusnya ada sejak awal.

Novel Harga Sebuah Percaya ini seolah menggambarkan bahwa terkadang manusia berada di titik terendah dalam hidup dan mereka juga harus percaya bahwa untuk kedepannya akan lebih baik.

Memiliki rasa percaya diri tentu akan menbuat seseorang akan lebih bersemangat dan tidak ketakutan akan masa lalu yang tragis sekalipun, seperti yang dialami Jim pada kisah ini.

Penulisan kata yang mudah dipahami dan juga ringan dibaca membuat novel Harga Sebuah Percaya ini sangat laku dipasaran. Tere Liye selalu menghadirkan beberapa kejutan-kejutan cerita dalam novelnya,

ceritanya tidak ada yang tidak menarik tak terkecuali novel bertajuk Harga sebuah percaya. Bagaimana minat untuk membacanya?