sebutkan 4 akibat revolusi bumi dan 4 akibat rotasi bumi

  • Akibat dari adanya revolusi Bumi adalah gerak semu tahunan matahari, terlihatnya rasi bintang yang berbeda setiap bulannya, pergantian musim pada daerah beriklim subtropis, serta terjadinya gerhana.
  • Akibat dari adanya rotasi Bumi adalah gerak semu harian matahari, adanya siang dan malam, adanya perbedaan waktu di berbagai belahan bumi, pembelokan arah angin dan arus laut.

Pembahasan :

Bumi kita adalah satu-satunya planet yang dapat dihuni hingga saat ini. Planet Bumi mengalami interaksinya yaitu sebagai berikut :

Rotasi Bumi

Rotasi bumi adalah gerakan Bumi berputar pada porosnya tersendiri. Setiap planet bahkan matahri itu sendiri mengalami rotasi. Akibat dari rotasi Bumi yaitu sebagai berikut :

  • Gerak semu harian matahari

Gerak semu harian matahari ini adalah kita yang setiap matahari seolah yang bergerak dari timur ke barat. Namun halnya justru sebaliknya, Bumi lah yang berputar pada porosnya dari arah Barat ke Timur yang menyebabkan sinar matahari seolah akan muncul dari timur terlebih dahulu.

  • Adanya siang dan malam

Karena Bumi kita berbentuk bulat maka jika ada bagian yang terkena cahaya, pasti ada sisi yang lain yang sedang tanpa cahaya. Bagian yang tekena cahaya ini akan mengalami waktu siang dan bagian yang tidak terkena cahaya ini disebut dengan malam.

  • Adanya perbedaan waktu di setiap tempat

Adanya perbedaan waktu di setiap tempat juga merupakan akibat dari rotasi Bumi yang menandakan bahwa Bumi telah berputar. Selama ini telah dikenal 24 zona waktu yang terbagi atas GMT 0, GMT (+1) hingga GMT(+12) dan GMT(-1) hingga GMT(-12). Adapun garis GMT adalah pada kota Greenwich di Inggris.

  • Adanya perpindahan arus laut dan angin

Adanya perpindahan arus laut dan angin ini adalah juga dari perubahan suhu antara siang dan malam. Angin dan arus laut ini akan bergerak dari tempat bersuhu dingin ke tempat yang bersuhu lebih panas. Sebagai contoh pada malam hari terjadi angin darat dan pada siang hari yang terjadi angin laut.

BACA JUGA :  Benda yang ditarik lemah oleh magnet disebut