Jelaskan akibat keberagaman masyarakat Indonesia!

Jelaskan akibat keberagaman masyarakat Indonesia!

Keragaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang. Seperti diketahui, Indonesia merupakan negara kepulauan yang penuh dengan keberagaman dan perbedaan. Perbedaan tersebut meliputi suku bangsa, ras, agama, dan antargolongan. Dari adanya keragaman itu Indonesia disebut sebagai negara multikuktural yang memiliki banyak unsur-unsur perbedaan. Keragaman Indonesia di pengaruhi karena beberapa faktor yaitu, letak geografis, kondisi iklim alam yang berbeda, pengaruh kebudayaan asing, agama dan perbedaan ras.

Adanya faktor keragaman Indonesia juga memiliki beberapa akibat karena adanya keragaman baik itu positif dan negatif  sebagai berikut :

Akibat positif keberagaman Indonesia :

– Menjadi kekayaan bangsa Indonesia, undefined keragaman budaya Indonesia memiliki banyak karakter yang berbeda beda sehingga membuat Indonesia kaya dengan budaya-budaya setiap daerah. Meliputi budaya, kesenian, bahasa daerah dan lain-lain.

– Kesempatan saling mengenal budaya lain,  karena keunikan budaya-budaya Indoensia membuat kita dapat mempelajari budaya dan mengetahui budaya suku lain.

– Sumber kekuatan bangsa, keragaman Indonesia menyimpan kekuatan untuk bangsa, seperti keragaman budaya, keragaman hayati, keragama aspek sosial lainny, jika keragaman ini dijaga dan dipupuk dengan baik maka akan menjadi sumber dari kekuatan bangsa Indonesia.

Akibat negatif keragaman Indinesia : 

– Memicu terjadinya konflik, Karena adanya banyak perbedaan maka akan mudah memicu terjadinya konflik akibat intoleransi, primordialisme dan etnosentrisme.

– Menimbulkan benturan kepentingan, kepentingan setiap individu berbeda begitupun dnegan suku-suku yang ada, jika tidak dapat diatasi maka akan mengakibatkan benturan kepentingan dan menyebabkan konflik.

 Sumber perpecahan bangsa, Karena memiliki banyak budaya Indoensia dapat mengakibatkan sikap-sikap fanatisme dan hal itu akan mengakibatkan perpecahan bangsa. space space space space

BACA JUGA :  Pancasila sebagai pembina persatuan dan kesatuan artinya?