Ringkasan Perlawanan Rakyat Maluku adalah sebagai berikut

Ringkasan Perlawanan Rakyat Maluku adalah sebagai berikut :  

  • Masa Perjuangan = 1811-1818
  • Perjuangan Melawan = VOC Hindia Belanda
  • Ringkasan Perjuangan = Tokoh yang cukup terkenal dalam perlawanan rakyat Maluku adalah Kapitan Pattimura. Banyak perjuangan yang telah dilakukan beliau, seperti melakukan berbagai penyerbuan ke benteng VOC, menghancurkan kapal-kapal VOC, menentang berbagai kebijakan Belanda, dan masih banyak lainnya. Perjuangan rakyat Maluku harus berakhir kala Kapitan Pattimura dihukum gantung pada 16 Desember 1817. Putri beliau Christina Martha Tiahahu berusaha melanjutkan perlawanan namun akhirnya tertangkap. Putrinya meninggal pada 2 Januari 1818 karena jatuh sakit.

 

Pembahasan

Pertanyaan yang adik ajukan merupakan pertanyaan pada Aktivitas 6.1 Tabel 6.1 Halaman 139–140 Kelas 7 VII. Dalam tugas ini, kita diminta untuk mencari informasi tentang Perjuangan Pahlawan dalam Meraih Kemerdekaan Bangsa Indonesia. Informasi yang diminta pun meliputi Perlawanan Rakyat Maluku, Perlawanan Kaum Padri, Perlawanan Pangeran Diponegoro, Perlawanan Rakyat Sulawesi, Perlawanan Rakyat Kalimantan, Perlawanan Rakyat Aceh, Perlawanan Rakyat Tanah Batak, Perlawanan Rakyat Bali, Sumpah Pemuda, BPUPKI, Proklamasi Kemerdekaan, dan PPKI.

PERLAWANAN RAKYAT MALUKU

A. Masa Perjuangan.

  • Masa Perjuangan rakyat Maluku adalah pada tahun 1811 sampai 1818.

B. Perjuangan Melawan.

  • Rakyat Maluku pada tahun 1811-1818 melakukan perjuangan melawan VOC Hindia Belanda.

C. Ringkasan Perjuangan.

Tokoh yang cukup terkenal dalam perlawanan rakyat Maluku adalah Kapitan Pattimura. Banyak perjuangan yang telah dilakukan beliau, seperti melakukan berbagai penyerbuan ke benteng VOC, menghancurkan kapal-kapal VOC, menentang berbagai kebijakan Belanda, dan masih banyak lainnya. Perjuangan rakyat Maluku harus berakhir kala Kapitan Pattimura dihukum gantung pada 16 Desember 1817. Putri beliau Christina Martha Tiahahu berusaha melanjutkan perlawanan namun akhirnya tertangkap. Putrinya meninggal pada 2 Januari 1818 karena jatuh sakit.

BACA JUGA :  Fungsi Daun pada kaktus adalah