Sebutkan ciri ciri bunga anggrek

Ciri-ciri bunga anggrek:

  1. Berbiji tunggal (monokotil)
  2. Berakar serabut
  3. Memiliki bunga berwarna-warni
  4. Banyak hidup sebagai tanaman epifit yang menempel di pohon tanaman lain
  5. Daunnya berbentuk oval memanjang
  6. Membentuk simbiosis komensalisme dengan tanaman inangnya

Pembahasan:

Anggrek (tanaman genus Orchidaceae) adalah tanaman berbunga yang memiliki ciri khas kelopak bunganya yang berbentuk beragam dan berwarna warni. Warna bunga anggrek beragam dari putih pada anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) hingga hitam pada anggrek hitam (Coelogyne pandurata)

Anggrek merupakan tanaman berbiji tunggal (monokotil) dan sebagaimana tanaman monokotil lainnya memiliki akar serabut dan memiliki daun oval (lonjong).

Tumbuhan anggrek termasuk tanaman epifit, yaitu tumbuhan yang tumbuh dengan cara menumpang pada tanaman lain yang menjadi inang.

Tanaman anggrek dan tanaman inang membentuk simbiosis komensalisme sebab anggrek mendapat keuntungan, sedangkan inang tidak dirugikan. Keuntungan yang didapat anggrek adalah dapat menangkap uap air dari embun yang ada di sekitarnya, serta dapat menjangkau puncak hutan untuk memperoleh air hujan dan sinar matahari.

Tanaman anfgrek memiliki daun sendiri, dan tetap melakukan fotosintesis sendiri untuk menghasilkan makanan tanpa menyerap makanan dari inangnya. Hal ini berbeda dengan pada tanaman benalu, yang merugikan mangga, karena menyerap nutrisi hasil fotosintesis dari mangga.

Tanaman anggrek memiliki modifikasi batang membentuk umbi semu atau pseudobulbus. Umbi semu ini digunakan oleh anggrek sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan pada tanaman epifit ini.

BACA JUGA :  Contoh sikap atau perilaku ikhlas dalam kehidupan sehari hari