Mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa indonesia

Mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa indonesia jelaskan

Persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia karena bangsa Indonesia terdiri dari kemajemukan dan perbedaan sehingga membutuhkan persatuan untuk menyatukan keberagaman tersebut. Persatuan dan kesatuan merupakan nilai dari sila ke-3 Pancasila. Di dalamnya mencerminkan bagaimana Indonesia sebagai bangsa yang majemuk dapat hidup rukun berdampingan satu sama lain dengan dijiwai rasa untuk menjaga kesatuan dan persatuan negara Indonesia. Kita disadarkan bahwa perbedaan dan pluralitas itulah yang akhirnya mempersatukan kita sebagai bangsa Indonesia. Apabila kita mampu bersatu sebagai bangsa Indonesia yang satu, maka kita dapat mencegah pihak asing untuk memecah belah bangsa kita.

Pembahasan:

Contoh sikap menjaga persatuan dan kesatuan antara lain:

  • Berteman tanpa melihat perbedaan suku, agama, ras, kekayaan, warna kulit dan lainnya.
  • Ikut berpartisipasi melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah agar tetap bersih dan rapih.
  • Memberikan pertolongan apabila terdapat teman yang mengalami kesulitan dalam belajar atau meminjamkan peralatan sekolah seperti pensil atau pulpen jika miliknya hilang atau tertinggal.
  • Menjaga silaturahmi dan berkomunikasi yang baik dan menjaga kerukunan di lingkungan sekolah, hormat pada guru dan tidak berkata kasar.
  • Saling menghargai dan menghormati perbedaan agama, tidak menganggu apabila orang lain sedang beribadah dan merayakan hari besar agamanya.
  • Bersama-sama menjaga keamanan lingkungan sekitar, misalnya dengan mengadakan jadwal giliran untuk siskamling.
  • Masyarakat perbatasan bekerja sama membantu tentara di wilayah perbatasan yang sedang bertugas apabila ada penyusup atau ancaman datang, misalnya dengan memberitahukan informasi keadaan terkini.

Pelajari lebih lanjut

Detil Jawaban

Kelas: 3

Mapel: PpKN

Bab: Bangga menjadi bangsa Indonesia

Kode: 3.9.4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.