Apa tangga nada lagu cublak-cublak suweng? jelaskan!

Penjelasan

Tangga nada adalah rangkaian nada yang disusun dalam interval tertentu secara berurutan. Ada dua jenis tangga nada yang sering ditemui penggunaanya, yaitu tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonis. Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang disusun atas tujuh buah nada pokok yaitu 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 7 (do – re – mi – fa – sol – la – si). Sementara itu, tangga nada pentatonis adalah tangga nada yang disusun atas lima buah nada pokok.

Tangga nada slendro adalah salah satu dari dua tangga nada pentatonis yang sering ditemukan di Indonesia. Tangga nada slendro disusun oleh lima nada pokok 1 – 2 – 3 – 5 – 6 (do – re – mi – sol – la). Penggunaan tangga nada slendro menghasilkan permainan lagu yang bersuasana gembira, cerah, dan lincah.

Pembawaan yang lincah dan gembira cocok dengan pembawaan lagu Cublak-Cublak Suweng. Lagu tersebut merupakan lagu tradisional anak-anak yang berasal dari Jawa Tengah dan digunakan untuk mengiringi permainan anak-anak. Secara keseluruhan, lagu tersebut memiliki makna untuk menggunakan hati nurani dan menghindari rasa serakah.

Tangga nada pentatonis lain yang ditemukan di Indonesia adalah tangga nada pelog. Tangga nada pelog menggunakan nada 1 – 3 – 4 – 5 – 6 (do – mi – fa – sol – si) dan penggunaannnya menghasilkan suasana yang tenang dan khidmat.

jawabanya adalah : Tangga nada lagu “Cublak-cublak Suweng” adalah tangga nada slendro.

BACA JUGA :  Sikap yang harus dikembangkan dalam mewujudkan persatuan dalam keragaman adalah