Inilah 7 Cara Berjualan di TikTok Shop, Dijamin Laris dan Banjir Orderan!

Dalam beberapa tahun terakhir, TikTok telah menjadi salah satu platform media sosial paling populer. Seiring berkembangnya teknologi, TikTok tidak hanya menjadi media hiburan, tetapi juga dapat menjual produknya di sana. Sebenarnya ada banyak cara untuk berjualan di TikTok.

Apakah Anda tertarik sebagai pemilik bisnis? Pertama, mari kita pahami persyaratan pendaftaran dan cara berjualan di TikTok di bawah ini!

Apa itu  TikTok Shop ?

TikTok mendapatkan lebih banyak pengguna. Ini mungkin karena fitur platform yang serbaguna dan menarik.  Tiktok Shop Ini adalah fitur terbaru bagi pengguna untuk berbelanja dan berjualan secara online.

Baik proses belanja maupun penjualan di toko TikTok sangat mudah. Anda perlu memastikan bahwa aplikasi TikTok yang diunduh ke gadget Anda adalah versi terbaru dan Anda sudah memiliki akun yang terdaftar.

Selain itu, pengalaman penjualan dan belanja lebih praktis karena Anda tidak perlu beralih ke aplikasi lain untuk berdagang di TikTok Shop. Fitur ini juga menawarkan berbagai jenis produk bermerek, termasuk produk UMKM. Selain itu, bagi Anda sebagai penjual, Anda bisa menawarkan berbagai promo dan hadiah menarik.

 

Cara mendaftar  TikTok shop

Tentunya sebelum Anda mengetahui cara berjualan di TikTok, Anda harus terlebih dahulu memahami cara mendaftar toko TikTok.

Pertama, buka situs  TikTok Shop .

Jika Anda mendaftar sebagai penjual, pilih opsi Daftar dengan akun TikTok Anda atau Daftar melalui telepon dan email di halaman utama situs web Anda.

  1. Kemudian ikuti petunjuk dan petunjuknya.
  2. Setelah akun Anda berhasil dibuat, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran bisnis yang berisi informasi lain yang relevan.
  3. Masukkan informasi seperti alamat pribadi, nomor ponsel, dan alamat email Anda.
  4. Kemudian masukkan informasi terkait bisnis seperti nama toko, alamat toko, industri, dan informasi produk.
  5. Kemudian masukkan informasi tentang pendaftaran akun bisnis Anda untuk mendapatkan konfirmasi dari toko TikTok.
  6. Setelah semua cara di atas selesai, tunggu beberapa saat hingga TikTok konfirmasi.
  7. Akhirnya, akun Anda bisa mendapatkan fitur toko TikTok untuk dijual.
BACA JUGA :  5 Best Project Management Tools for Business

 

Tips menjual produk di  TikTok Shop

Semakin banyak orang yang menggunakan aplikasi TikTok maka akan semakin mudah untuk berjualan di TikTok. Ditambah dengan mengunggah berbagai konten video promosi yang menarik, memudahkan untuk menjangkau target konsumen Anda.

Nah, berikut ini beberapa tips cara berjualan di toko TikTok:

1. Ubah ke akun bisnis
Cara pertama untuk mendaftar TikTok Shop adalah dengan mengubah akun pribadi Anda menjadi akun bisnis. Metode:

  1. Klik ikon tiga titik di pojok atas.
  2. Klik Kelola Akun Saya.
  3. Klik “Beralih ke Akun Bisnis”.
  4. Pilih kategori bisnis yang sesuai dengan bisnis Anda.
  5. Klik Edit Profile untuk menambahkan gambar profil akun yang menarik atau mengisi history bisnis secara lengkap.
  6. Tambahkan juga link jualan bisnis Anda di platform e-commerce jika diperlukan

2. Buat konten yang menarik
Membuat konten yang menarik memungkinkan pengguna TikTok mengakses bisnis Anda dan membeli produk untuk dijual. Oleh karena itu, penting untuk membuat konten semenarik mungkin.

Misalnya membuat konten rujukan bisnis, rujukan produk, konten promosi, keunikan produk, dan lainnya. Untuk membuat penjualan TikTok Anda viral, tambahkan backsound dan filter yang sedang populer.

3. Maksimalkan fungsinya
Anda dapat memanfaatkan sepenuhnya fitur-fitur yang tersedia di aplikasi TikTok Anda untuk membuat konten video dan membuatnya lebih menarik bagi calon konsumen.

4. Buat caption konten yang menarik
Tips atau cara berjualan di TikTok selanjutnya adalah membuat caption konten yang menarik dan jelas saat menawarkan produk Anda. Misalnya, masukkan nama produk, komponen utama produk, harga produk, dan sebagainya.

5. Tambahkan hastag
Menggunakan hashtag untuk dijual di TikTok sangat berpengaruh. Tagar memungkinkan Anda menemukan konten promosi lebih cepat dan membuat lebih banyak orang melihatnya. Gunakan hashtag tergantung atau terkait dengan konten yang dibuat. Anda juga dapat menambahkan tagar viral untuk menampilkan lebih banyak konten video.

BACA JUGA :  Menghemat Listrik Dengan Smart Plugs Sangat sederhana

6. Unggah konten pada waktu yang tepat
Cara berjualan di TikTok selanjutnya adalah mengunggah konten Anda di waktu yang tepat. Waktu terbaik untuk ini biasanya sekitar jam 10 pagi sampai jam 1 siang, atau bahkan di malam hari. Hal ini karena mayoritas pengguna, seperti pelajar, mahasiswa, dan pekerja lainnya, menggunakan aplikasi pada saat itu.

7. Penempatan iklan
Terakhir, Anda dapat menggunakan Iklan TikTok untuk mempromosikan produk bisnis Anda. Ada beberapa jenis iklan TikTok, termasuk iklan pre-roll, iklan in-feed, tantangan promosi tagar, dan efek merek.

 

Kenali afiliasi TikTok
Afiliasi Tiktok adalah program yang memungkinkan Anda menghasilkan uang tambahan sebagai pembuat konten dengan menyetujui atau mempromosikan produk Anda. Dengan Program Afiliasi TikTok, Anda tidak hanya dapat menjual produk Anda, tetapi juga mempromosikan produk orang lain melalui akun TikTok Anda.

Jika ada yang ingin membeli produk yang ditawarkan di konten TikTok, Anda bisa mengklik link di caption konten. Nantinya, Anda akan menerima komisi dari jumlah klik atau produk yang terjual.

Ketentuan Pendaftaran Afiliasi TikTok
Nah, ada beberapa persyaratan yang perlu kamu persiapkan sebelum berjualan di afiliasi TikTok.

  1. KTP, Paspor, atau KTP lainnya.
  2. Rekening tabungan.
  3. Alamat pengiriman barang.
  4. Akun toko TikTok yang aktif.
  5. Tidak ada jumlah minimum atau maksimum pengikut.

Cara mendaftar afiliasi TikTok

Anda dapat mendaftar secara individual dari gadget tanpa biaya atau biaya. Oleh karena itu, banyak orang yang tertarik untuk mengikuti program afiliasi TikTok. Berikut cara mendaftar Program Afiliasi TikTok.

  1. Buka aplikasi TikTok versi terbaru.
  2. Klik menu Akun Saya.
  3. Klik ikon keranjang yang tertera pada menu Akun Saya.
  4. Kemudian ada keterangan “E-Commerce Creator Center” dan pilih icon toko.
  5. Kemudian pilih komisi yang tertera pada menu E-Commerce Creator Center sehingga Anda dapat memasukkan informasi yang dibutuhkan.
  6. Pastikan informasi yang Anda berikan valid dan lengkap.
  7. Kemudian klik Konfirmasi.
  8. Jika pendaftaran Anda disetujui, Anda akan melihat pemberitahuan “Selamat”.
  9. Kemudian Anda dapat memilih item yang ingin Anda promosikan.
  10. Terakhir, ada notifikasi “ACC” yang merupakan permintaan terkait produk yang ingin Anda promosikan.
BACA JUGA :  Spek dan Harga Huawei Nova 9, Canggih Bro!