15 Ide Bisnis Modal Kecil Yang Bisa Anda Jalankan Dirumah

Berbisnis saat ini adalah solusi untuk meningkatkan penghasilan selain bekerja. Namun, membangun bisnis identik dengan besarnya modal yang perlu disiapkan. Jika Anda ingin mempertahankan bisnis Anda dengan anggaran yang ketat, Anda dapat mencoba peluang bisnis modal kecil yang sesuai dengan hasrat Anda.

UKM tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Dengan perkembangan teknologi yang maju dan dukungan dari orang-orang berbakat, ide bisnis modal kecil dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Namun bagaimanakah cara yang tepat untuk memanfaatkan peluang bisnis modal kecil yang untung besar ini?

 

Memahami Bisnis Modal Kecil

Sebelum pengungkapan lebih lanjut, apa sebenarnya bisnis modal rendah itu? Berapa nominal yang harus Anda siapkan untuk bisnis ini?

Bisnis modal kecil adalah konsep memulai bisnis dengan anggaran awal yang kecil atau nol. Tanpa disadari, bisnis ini lahir di sekitar Anda.

Dengan begitu banyak jenis, Anda memiliki fleksibilitas untuk memilih ide bisnis modal kecil untuk anggaran Anda.

 

Cara Mencari Peluang Usaha dan Bisnis Modal kecil

Ketika persaingan untuk mendapatkan pekerjaan semakin ketat, cara lain untuk terus menghasilkan pendapatan adalah dengan memulai bisnis. Salah satunya adalah peluang bisnis dengan modal kecil yang muncul di sekitar Anda.

 

Temukan  peluang bisnis dengan modal kecil

Umumnya bisnis rumahan jenis ini bisa dilakukan dengan modal mulai dari 0 hingga ratusan ribu rupiah. Pastikan untuk mengamati kebutuhan lingkungan rumah Anda, tren pasar, atau minat hubungan Anda pada produk.

Selain melihat lingkungan, pilihan lain adalah melihat kembali diri sendiri. Peluang bisnis sangat mungkin dihasilkan dari bakat yang Anda miliki. Mulai dari memasak, makeup dan desain bisa menjadi referensi ide bisnis dengan budget terbatas.

BACA JUGA :  5 Best Affiliate Software review 2022

Selain melihat lingkungan sekitar, pilihan lainnya adalah dengan merefleksikan dari diri sendiri. Peluang bisnis sangat mungkin muncul dari bakat yang Anda punya. Mulai dari memasak, makeup, atau mendesain bisa jadi referensi ide bisnis dengan budget terbatas.

 

Daftar ide bisnis kecil yang menghasilkan untung besar

Seperti apa bentuk contoh usaha modal kecil yang bisa anda lakukan? Lihat beberapa daftar di bawah ini.

 

1. Toko online
Kini Anda dapat dengan cepat merespon kebutuhan belanja Anda melalui toko online kami. Sesuai dengan namanya, toko online adalah toko yang berbasis jaringan (online), atau toko yang biasa disebut dengan online.

Bisnis toko online biasanya membuka “toko” melalui website atau media sosial. Melalui medialah mereka menyediakan produk-produk yang dibutuhkan masyarakat luas. Jika Anda memiliki ide untuk menjual produk serupa, lihat lebih dekat di toko online kami.

2. Desainer
Ide kedua adalah menjadi seorang desainer. Jika Anda memiliki kemampuan desain yang baik, perdalam kemampuan tersebut dan jadikan sebagai peluang bisnis. Yang harus Anda lakukan adalah menghabiskan anggaran modal Anda untuk perangkat laptop dan software editor Anda.

3. Influencer atau pembuat konten
Contoh bisnis modal kecil ini mungkin terdengar tidak asing lagi bagi para milenial di dunia media dan komunikasi. Influencer adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dengan kemampuannya sendiri. Pembuat konten, di sisi lain, adalah orang yang membuat konten yang dapat dinikmati orang.

Kedua contoh ini tentu menjadi peluang bisnis yang semakin berkembang. Bukan begitu, namun cara yang cukup “mudah” menjadi daya tarik masyarakat luas. Dengan smartphone dan daya persuasif yang hebat, Anda bisa mencoba menjadi influencer atau pembuat konten.

BACA JUGA :  Spek dan Harga Xiaomi 12 versi Indonesia, Baca Sebelum Beli!

 

4. Freelance/Pekerja lepas
Selain influencer dan pembuat konten, milenial perlu banyak mendengar tentang profesi freelance. Para freelancer ini sering menjadi titik awal karir lulusan baru.

Dengan hard dan soft skill yang didapatkan hingga kuliah, menjadi freelancer adalah pilihan yang tepat untuk diambil.

Selain mendapatkan pengalaman praktis untuk melamar di perusahaan tertentu, Anda juga dapat mengembangkan keterampilan yang sebanding dengan pekerjaan freelance menjadi peluang bisnis dengan modal terbatas.

5. Pengirim drop/Dropshipper
Apa itu dropshipper? Istilah tersebut mengacu pada jenis bisnis di mana Anda dapat menjual produk orang lain tanpa memiliki inventaris terlebih dahulu. Dengan kata lain, Anda bertindak sebagai perantara antara pemasok produk dan pelanggan. Modal yang dibutuhkan untuk bisnis dropshipper adalah smartphone dan koneksi internet.