Apakah Mandi Akan Membatalkan Puasa di Bulan ramadhan ini? simak penjelasanya

Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan khususnya bagi umat muslim di dunia. Tentunya didalam Bulan Puasa didalam melaksanakan ada kaidah atau hukum yang harus ditaati. Mandi saat puasa merupakan kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang.

Dalam hal ini, apakah hukumnya bagi seorang yang berpuasa mandi dengan disengaja? lalu bagaimana dengan puasanya? batal atau tidak jika siang hari kemudian orang tersebut mandi?

Puasa tidak hanya menahan diri saja dari perbuatan yang tidak terpuji. Ada banyak hal, yang peling umum ialah menahan makan dan minum.

Untuk pembahasan mandi saat puasa kemudian hukum puasanya batal atau tidak, mari kita simak dibawah ini:

Mandi Saat Puasa Untuk Menghilangkan Gerah atau Sumuk

Tidak serta merta menghukumi bahwa mandi saat puasa disiang hari yang sangat panas tidak boleh atau batal puasanya. Ada banyak pertimbangan yang harus dikaji lebih dalam lagi. Apalagi kita tengok hukum menurut fatwa ulama atau mayoritas ulama berpendapat bagaimana.

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita tengok dari mayoritas ulama bahwa berpendapat tidak membatalkan puasa. Jadi hukum mandi saat puasa diperbolehkan. Wallohu’alam Bishawab.

Bagaimana Dengan Dalil yang Menerangkan Mandi Saat Puasa Diperbolehkan?

Menurut Imam Al Bukhari Rahimahullah Ta’ala dalam kitab shahihnya menjadikan satu bab khusus yaitu mandi untuk orang yang berpuasa.

Dalam sebuah Hadits Riwayat Abu Bakar Radhiyallahu Anhu, beliau berkata

لَقَدْ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالْعَرْجِ يَصُبُّ عَلَى رَأْسِهِ الْمَاءَ، وَهُوَ صَائِمٌ مِنَ الْعَطَشِ، أَوْ مِنَ الْحَرِّ

Laqadaitu Rasulullah SAW bil ardhi yasubbu ala ra’sihilma wahuwa sa-im minal atashi awminal har

Artinya : “Sungguh aku melihat Rasulullah SAW mengguyur kepalanya karena keadaan yang sangat haus dan sangat terik dengan air sedangkan beliau dalam keadaan berpuasa.” Hadist Riwayat Abu Daud nomor 2365.

BACA JUGA :  Untuk mendorong pembangunan di kawasan asean negara anggota asean sepakat melakukan kerjasama

Bagaimana Pendapat Mayoritas Ulama Tentang Mandi Saat Puasa?

Didalam mayoritas ulama terdapat pertentangan terkait hukumnya mandi saat siang hari disaat puasa. Ada yang berpendapat boleh dilakukan dan ada juga yang tidak memperbolehkan mandi saat berpuasa.

Namun, jika kita simpulkan terkait pendapat mayoritas ulama bahwa mandi saat puasa hukumnya diperbolehkan dengan catatan, ketika mandi tidak ada perkara yang masuk atau material seperti air, sabun dan lain-lain melalui mulut dan sampai melalui tenggorokan.