5 Pengertian Otomotif Dan fungsinya Adalah sebagai berikut

Pengertian otomotif sebagai berikut:

Otomotif adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan segala sesuatu yang berhubungan dengan alat transportasi (terutama sepeda motor dan mobil).

Komponen kendaraan dan berbagai sistem di dalamnya sedang dipelajari dalam kategori rekayasa.Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konsep mobil diartikan sebagai sesuatu yang berputar dengan sendirinya.

Maknanya disimpulkan berdasarkan etimologinya. Dengan kata lain, “oto” dan “motif” berarti “milik sendiri” dan “akal”. Intinya kamu bisa bergerak karena kamu punya alasan sendiri berupa pondasi sistem.

Singkatnya, mobil adalah penelitian tentang sistem mobil seperti mobil dan sepeda motor.Ini juga mencakup berbagai studi khusus tentang komponen sistem seperti mesin, bahan bakar, pengapian, pendinginan, asupan, pembuangan, pelumasan, keseimbangan roda, kemudi, suspensi, bodi, listrik, dan transmisi daya.

Beberapa bidang ilmu otomotif
Di era saat ini telah membawa perkembangan pesat dalam dunia otomotif, mobil dan sepeda motor. Oleh karena itu, tidak heran jika saat ini banyak sekali disiplin ilmu dalam ilmu pengetahuan.

Secara umum, survei dapat dibagi menjadi beberapa bagian berikut:

  • Perencanaan: Mempelajari desain kendaraan, termasuk desain, proses, dan cara kerjanya untuk menciptakan alat transportasi baru.
  • Pengembangan: Rencana yang dibuat akan dikembangkan sesuai dengan langkah-langkah di sini, dimulai dengan keamanan, kenyamanan dan efektivitas kendaraan.
  • Manufaktur: Setelah pengembangan, dilanjutkan ke tahap manufaktur dan metode perakitan material.
    Perawatan: Ilmu ini mempelajari cara-cara merawat kendaraan Anda, seperti mengganti suku cadang dan mengendalikan mesin.

Apa Otomotif  mobil?
Mobil adalah salah satu kendaraan yang digerakkan dengan tenaga empat roda atau lebih. Umumnya bahan bakar cair (bensin atau solar) digunakan untuk menghidupkan mesin.

Istilah ini diperoleh dari kependekan Automobile turunan dari kata “autos” Yunani dan “Movere” mobil (bergerak) Amerika.

BACA JUGA :  15 Cara Modifikasi Mesin Motor Harian Biar Makin Bertenaga

Kendaraan  ini terdiri dari banyak elemen dengan fitur yang berbeda dalam berbagai bentuk dan model mesin yang berbeda.

Untuk informasi lebih lanjut tentang mobil, lihat Komponen Utama dan Pendukungnya di bawah ini:

 

1. Blok silinder mobil

Komponen pertama adalah dasar dari mesin mobil. Komponen ini adalah letak beberapa silinder, masing-masing dengan satu piston di setiap lubang.

Ujung batang dihubungkan ke poros sehingga siklus vertikal mesin menggerakkan engkol.

Bagian bawah piston terhubung ke carter dan bagian atas terhubung ke kepala silinder. Untuk memaksimalkan performa mobil Anda, Anda perlu mengetahui fungsi dari part besi cor ini.

 

2. Head Silinder

Tentu saja ruang bakar memiliki komponen yang satu ini. Salah satu fiturnya adalah terbuat dari paduan aluminium sebagai pendingin berkualitas tinggi.Ada juga jenis valve train yang mengatur posisinya agar mudah dibuka dan ditutup.

Umumnya tipe ini dipasang pada blog silinder dan digunakan sebagai tempat dudukan mesin 4 tak dengan katup.

 

3. Piston 

Fungsi piston mesin mobil bisa diibaratkan seperti jantung. Hal ini dikarenakan komponen ini bekerja maju mundur atau bergerak di dalam silinder. Hasil dari bergerak setiap menit mencapai 2.400 kali.

Performa piston sendiri merupakan hasil dari ekspansi drive dari proses pembakaran. Siklus atas dan bawah komponen ini terus menerus sangat cepat pada suhu tinggi dan tinggi.

Di dalamnya juga terdapat ring, stang dan pen dari bahan baja nikel yang berfungsi sebagai onnecting rod.

4. Poros Engkol (Crank Shaft)

Poros engkol adalah komponen mobil yang berfungsi merubah tenaga gerak menjadi energi putar lalu disalurkan ke roda.

Dengan bantuan connecting rod, Crank Shaft akan dipasangkan dibawah blok silinder. Pada jenis mesin sejajar ada banyak susunan antara keduanya.

BACA JUGA :  Teknik Otomotif dan Pengertianya

Bentuk poros engkol sendiri ditentukan oleh silindernya serta dipengaruhi urutan pengapian. Pada mesin susunan sudut V dan H biasanya hanya separuh dari silinder saja.

 

5. Ring piston

Meskipun komponen ini kecil, tetapi memainkan peran penting dalam mesin mobil.

Ukurannya yang mini juga membuat banyak orang kurang memperhatikan usia pemakaian. Juga karena letaknya di dalam badan piston, wajar saja kalau tidak terlihat.

Secara umum, komponen yang bergerak lambat ini dapat dibagi menjadi tiga bagian. Artinya, kompresi 1 di bagian atas, diikuti bagian kedua, dan bagian bawah disebut ring oli.

Berfungsi dengan sendirinya yaitu menjaga mesin agar proses pembakaran tidak bocor dan mampu menghasilkan daya ledak.