Sebutkan kegunaan proposal dalam pameran

Sebutkan kegunaan proposal dalam pameran

Sebutkan kegunaan proposal dalam pameran

Propsal dalam pameran

Proposal merupakan sejenis laporan yang isinya mengenai rancangan sebuah kegiatan. Nah, disini kegiatannya itu adalah pameran. Berarti, proposal disini merupakan laporan yang isinya mengenai rancangan kegiatan suatu pameran.

Struktur proposal ini ada :

  1. Cover
  2. Latar Belakang Kegiatan Pameran
  3. Tujuan Kegiatan Pameran
  4. Nama dan Tema Kegiatan Pameran
  5. Bentuk Kegiatan Pameran
  6. Peserta Pameran (target)
  7. Penyelenggara
  8. Susunan Panitia
  9. Waktu dan Tempat Pameran
  10. Susunan Acara Kegiatan Pameran
  11. Penutup (Biasanya disertai lembar pengesahan)
  12. Penawaran Kerjasama

Jadi, singkatnya, proposal ini dibuat pada saat sebelum acara berlangsung.

Fungsi atau Kegunaan proposal dalam pameran :

  • Untuk membuat rancangan secara parti terkait rincian acara di dalam suatu file atau data yang tersusun secara sistematis
  • Dengan adanya proposal ini, bisa sebagai tempat penyimpanan data-data terkait dengan pameran yang diadakan dan dapat membuat lembaran baru dalam suatu organisasi. (Sebagai Bukti)
  • Apabila acaranya masih dalam kalangan anak sekolahan, biasanya proposal ini diberikan terlebih dahulu kepada wakasek untuk disetujui. Jadi, proposal ini sebagai jaminan bagi sekolah untuk mempercayakan seutuhnya acara tersebut kepada para panitianya. (Pihak yang menandatangani lembar pengesahan)
  • Kegunaan proposal yang utama yang biasanya menjadi suatu kegunaan yang dipakai oleh pembuat pameran adalah bisa dijadikan alat kerjasama. Misalnya, Siswa SMA N 8 Bandung mau mengadakan pameran seni dan mengajukan proposal ke perusahaan aga bisa dibantu terkait masalah biaya (Penawaran Kerjasama). Pihak perusahaan akan melihat bagian keuangan, berapa kekurangannya dan kesepakatan kedua belah pihak untuk melakukan kerjasama dengan timbal balik yang setimpal. Misalnya lagi, perusahaan itu mendanai 10 juta dan sebagai imbalannya, di acara pameran itu ada spanduk perusahaan tersebut atau ditengah-tengah acara pameran disisipkan ajang promosi perusahaan tersebut.
BACA JUGA :  Urutan nada yang disusun secara berjenjang dinamakan?

Setelah dijukan proposal kegiatan dan kegiatan berlangsung biasanya setelahnya akan dibuat LPJ atau Lembar Pertanggungjawaban. LPJ ini sebagai pembanding bagaimana sih rancangan awal di proposal dan kejadian acara pameran di lapangan. Dengan membandingkan LPJ dan proposal, kita dapat mengetahui kadar kesuksesan acara dan hal lainnya yang dapat menjadi pelajaran kedepannya bila membuat acara yang sama.

Detail Jawaban,

====================

Mata Pelajaran  : Seni Budaya

Kode Mapel : 19

Kategori : Bab 10 – Pameran

Kelas : 9

Kode Kategorisasi : 9.19.10 [  Kelas 9 Seni Budaya Bab 10 – Pameran ]

Kata Kunci : Proposal, Pameran