CARILAH MAKNA KATA SULIT PADA SYAIR TERSEBUT DAN SIMPULKAN NILAI NILAI MORAL/NASIHAT YANG TERDAPAT

Inilah gerangan suatu madah,mengarangkan syair terlalu indah, membetuli jalan tempat berpindah,disanalah iktikat diperbetuli sudah.wahai muda kenali dirimu,lalah perahu tamsil hidupmu,tiadalah berapa lama hidupmu,keakhirat jua kekal hidupmu.hai muda arif budiman,hasilkan kemudi dengan pedoman,alat perahumu jua kerjakan,itulah jalan membetuli insan.perteguh jua alat perahumu hasilkan bekal air dan kayu,dayunglah pengayuh taruh disitu,supaya laju perahumu itu.sudahlah hasil kayu dan ayar.angkatlah pula sauh dan layar,pada beras jantanlah taksir,niscaya sempurna jalan yang kabir.

CARILAH MAKNA KATA SULIT PADA SYAIR TERSEBUT DAN SIMPULKAN NILAI NILAI MORAL/NASIHAT YANG TERDAPAT PADA SYAIR DI ATAS

Syair adalah salah satu contoh puisi rakyat yang kaya akan muatan moral dan nasihat. Syair Perahu karya Hamzah Fazuri adalah syair yang banyak mengandung nasihat mengenai agama.

Pembahasan

Syair Perahu memiliki banyak kata sulit dan kata arkais (kata-kata yang sudah jarang digunakan) karena syair ini berciri khas Melayu. Sehingga kata-kata yang ada di dalamnya membutuhkan pemahaman lebih agar dapat menemukan nilai moral atau nasihat yang ingin disampaikan oleh penulisnya.

Kata-kata sulit dalam Syair Perahu yaitu

  1. Madah: kata pujian
  2. Membetuli: memperbaiki
  3. Iktikat: kemauan, keyakinan
  4. Tamsil: umpama, ibarat
  5. Kemudi: perkakas pada kendaraan yang gunanya untuk mengatur arah perjalanan
  6. Insan: manusia
  7. Pengayuh: kayuh, dayung
  8. Laju: cepat
  9. Ayar: air
  10. Sauh: jangkar
  11. Taksir: Kira-kira
  12. Niscaya: tentu, pasti
  13. Kabir: mahabesar
BACA JUGA :  Yang bukan termasuk usus halus?