Sumber energi terbesar bagi bumi adalah adalah

Sumber energi terbesar bagi bumi adalah adalah

Sumber energi terbesar bagi bumi adalah adalah … Matahari

Pembahasan:

Matahari dikatakan sebagai sumber energi terbesar pada ekosistem di Bumi sebab energi yang digunakan di Bumi, secara langsung dan tidak langsung berasal dari energi yang berasal dari cahaya Matahari, mulai dari energi untuk tumbuhan melakukan fotositesis, energi pergerakan angin dan energi bahan bakar fosil

Energi dipancarkan berupa cahaya Matahari, yang dihasilkan dari energi hasil reaksi fusi atau peleburan atom hidrogen menjadi atom helium. Fusi adalah proses di mana dua inti atom bergabung bersama melepaskan sejumlah besar energi.

Energi ini kemudian dipancarkan dalam bentuk cahaya Matahari. Di bumi cahaya ini ini dimanfaatkan dan berubah menjadi berbagai energi yang kita gunakan seperti:

Fotosintesis: Tanaman menggunakan sinar Matahari untuk mengubah air dan karbon dioksida menjadi karbohidrat. Hasil fotosintesis tanaman menjadi sumber makanan dan energi bagi makhluk hidup lain seperti hewan.

Angin: Angin terjadi akibat perbedaan suhu udara karena pemanasan cahaya Matahari. Energi gerak pada angin kemudian dimanfaatkan manusia sebagai penggerak turbin penghasil energi listrik, dan untuk kapal layar.

Bahan bakar fosil: Minyak bumi dan gas alam berasal dari sisa makhluk hidup seperti alga yang hidup jutaan tahun lalu, kemudian mengalami perubahan akibat tekanan dan panas bumi. Energi di bahan bakar fosil berasal dari senyawa organik yang dihasilkan makhluk hidup purba ini dari fotosintesis menggunakan cahaya Matahari.

BACA JUGA :  Sekertaris jenderal ASEAN yang pertama berasal dari negara