Jelaskan sebaran penduduk benua asia dan faktor yg mempengaruhinya

Jelaskan sebaran penduduk benua asia dan faktor yg mempengaruhinya

Sebaran penduduk benua asia adalah banyak terdapat di daerah iklim basah dan pesisir dekat dengan pergerakan ekonomi pelabuhan pelabuhan utama, Karena mayoritas mereka adalah petani maka di daerah yang subur juga banyak terjadi sebaran penduduk. Di daerah yang kering dan tandus juga ada penduduk nya tetapi tidak sebanyak dua lokasi itu.

Lalu faktor yg mempengaruhinya adalah

1. Iklim

2. Geografis Ekonomi dan Daerah Subur

Oke akan kakak bahas sedikit mengenai itu

Pembahasan
Benua Asia adalah benua yang memiliki penduduk terbesar di dunia. Sekitar 60 persen yaitu Separuh lebih populasi di dunia di dominasi dari benua Asia. Penyumbang terbanyak adalah dari negara China India dan Indonesia.

Daratan yang memiliki keluasan dan karakteristik tertentu di sebut dengan Benua. Ada  6 benua yang kita kenal yaitu benua Asia, benua Amerika, benua Afrika, benua Eropa, Benua Australia, benua Antartika.

luas Benua Asia adalah 44.180.000 km² dan adalah benua terluas di dunia. Batas wilayah nya antara lain adalah :

Utara : Samudera Arktik
Barat : Benua Eropa, Laut Kaspia, pegunungan Ural,Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah.
Timur : Selat Bering dan Samudera Pasifik
Selatan : Samudera Hindia
Daftar negara negara benua Asia antara lain :

Asia Utara : Siberia
Asia Timur : Mongolia, China/ Tiongkok, Korea Utara, Korea Selatan, Jepang, Taiwan, Hongkong, dan Makau.
Asia Tenggara : Indonesia, Malaysia, Singapore, Myanmar, Vietnam, Thailand, Filiphina, Kamboja, Laos, Brunei Darussalam, dan Timor Leste.
Asia Barat : Turki, Siprus, Libanon, Gaza, Suriah, Palestina, Jordania, Iran, Irak, Afghanistan, Arab Saudi, Kuwait, Bahrain, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, dan Yaman.
Asia Tengah : Armenia, Azerbaijan, Kazakstan, Kirgystan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan.
Asia Selatan : Pakistan, India, Nepal, Bhutan, Bangladesh, Sri Lanka, Maladewa.
Jadi faktor yang mempengaruhi penyebaran nya adalah dari Ikllim (daerah tandus dan beriklim kering tidak di minati oleh sebagian besar penduduk yang merupakan petani), Geografis (pesisir dekat pelabuhan dan pergerakan ekonomi perdagangan) dan Kesuburan tanah (karena mayoritas adalah petani).

BACA JUGA :  Teknik pencetakan yang paling mudah dilakukan adalah

Benua Asia memiliki jenis etnis dan budaya yang beragam tetapi itu tidak menjadi faktor utama sebaran penduduk nya. Karena bila di kaitkan dengan Agama ada contoh di Indonesia terdapat Candi Borobudur yang sangat besar tetapi tidak di dominasi oleh pemeluk Budha di sana. Jadi etnis suku dan budaya bukan merupakan faktor utama sebaran penduduk nya.

Oke Gaes mungkin itu sedikit yang bisa saya bantu. Ada baik nya lihat soal soal yang lain nya juga

Simak lebih lanjut di Brainly.co.id – https://brainly.co.id/tugas/16498950#readmore