Pesan pokok dari surat an naas dan al ashr

Pesan pokok dari surat an naas dan al ashr

Pesan pokok dari surat an naas dan al ashr

Pesan pokok Surat An-Nass adalah anjuran untuk manusia agar senantiasan memohon perlindungan kepada Allah Swt dari gangguan setan yang berda di dalam diri.

Pesan pokok Surat Al’Ashr adalah anjuran bagi manusia agar memanfaatkan waktu untuk selalu beramal saleh, saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran karena apabila tidak mereka akan mendapat rugi baik dunia maupun akhirat.

Pembahasan

Surat An-Naas

Surat An-Naas adalah surah ke -114 dan merupakan surah penutup dalam Al-Qur’an. Nama An-Nass diambil dari dalam surah ini sendiri yang berarti manusia. Surah ini mempunyai 6 ayat dan tergolong ke dalam surah makkiyah. Pada ayat pertama sampai ketiga mengandung pesan untuk mengagungkan Allah Swt sebagai hamba sebelum memohon sesuatu agar dikasihani. Pada ayat keempat sampai keenam menjelaskan tentang nafsu jahat dari diri manusia merupakan bisikan dari iblis yang diwariskan kepada setan dan jin, karena nafsu pada dasarnya diciptakan tidak untuk melawan perintah Allah Swt.

Surat Al’Ashr

Surah Al’Ashr adalah surah ke 103 dalam AL-Qur’an. Surah ini memiliki 3 ayat dan tergolong surah makkiyah. Al’Ashr berarti waktu atau masa. Surah ini menjelaskan bahwa Allah Swt telah memberikan cukup waktu yaitu malam dan siang sebagai tempat untuk manusia mengerjakan perbuatan dan amal sesuai dengan perintah-Nya. Kerugian mutlak yaitu kerugian dunia akhirat akan didapatkan apabila waktu yang diberikan tersebut disia-siakan atau tidak dimanfaatkan dengan baik.

Semoga bermanfaat yaa..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.